membuat toko onlineToko online menjadi sangat populer di saat ini, jauh mengalahkan toko ritel yang sudah lama berkembang. Bahkan beberapa toko ritel ternama sudah tidak sanggup bertahan dan mulai menutup layanan di beberapa lokasi. Ini merupakan fenomena baru, perubahan gaya berbelanja masyarakat membuat penjualan toko ritel terus menurun. Namun sebaliknya, transaksi belanja masyarakat di toko-toko online meningkat secara pesat.

Menjual produk secara online memang lebih efektif. Selain memangkas biaya pemasaran, online shop juga memberi kemudahan kepada masyarakat. Seperti memilih produk, membandingkan suatu produk dengan produk lain dan melakukan pembayaran melalui berbagai sistem pembayaran.

Memang untuk membuat toko online yang sesuai dengan ekspektasi pasar bukan hal mudah. Belum lagi memikirkan bagaimana cara agar online shop Anda mudah ditemukan oleh masyarakat di internet. Anda harus mengerti beberapa faktor mempengaruhi kesuksesan dalam menjalankan toko online.

Banyak Toko Online Tidak Berkembang

Di Samping tren toko online yang terus berkembang, jumlah toko online di Indonesia juga terus bertambah. Banyak orang berlomba-lomba membuat online shop untuk menjual produk mereka, tapi apakah banyak yang berhasil?
Tidak juga..

Menurut data hanya sekitar 20% online shop bertahan dan terus berkembang. Sisanya berhenti di tempat dan memilih untuk menutup toko online yang baru mereka buat. Mengapa? Karena mereka membuat toko online tidak sesuai dengan ekspektasi pasar dan mesin pencari. Bisa saja desainnya tidak user friendly, lambat, atau faktor lainnya. Faktor paling umum biasanya:

1. Susah Digukan

Ingat, pembeli datang ke online shop Anda mau melihat dan membeli produk, bukan untuk belajar cara menggunakannya online shop Anda.

2. Deskripsi Produk Tidak Jelas

Ketika Anda menjual produk melalui online shop, calon pembeli hanya bisa melihat foto dan deskripsi. Buat lah sejelas mungkin, agar calon pembeli bisa yakin membelinya.

3. Lambat

Ketika berbelanja secara online hal yang paling menjengkelkan adalah website atau aplikasi toko online tersebut lambat. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pengalaman pelanggan.

Membuat toko online tapi tidak memperhatikan branding, seo, user experience, transparansi dan keterikatan merupakan hal sia-sia. Online shop yang Anda buat tidak akan berkembang dan transaksi penjualan tidak meningkat. Berikut ini beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika mulai membuat online shop agar bisa sukses di pasar.

1. Brand Kuat dan Sederhana

Buat brand atau merek yang mudah diingat oleh masyarakat, sebagai contoh BukaLapak, Tokopedia, Gojek dan lainnya. Sebaiknya nama merek Anda hanya mengandung satu atau dua suku kata, disesuaikan dengan domain yang masih tersedia. Usahakan namanya terdengar sederhana dan menarik dan mudah diingat. Nama brand yang mudah diingat akan membantu Anda dalam kegiatan marketing, dengan biaya lebih sedikit Anda dapat membuat masyarakat mengingat brand Anda dengan mudah.

Ketika sudah mendapatkan merek toko online yang sederhana dan menarik, tetap pertahankan secara konsisten. Mengubah nama online shop secara terus-menerus akan mempengaruhi kredibilitas bisnis Anda dan menyebabkan penurunan pelanggan. Merek adalah identitas Anda di masyarakat, setelah memilih merek yang baik, jangan diubah kecuali jika memang diperlukan.

Sama seperti merek atau brand, nama domain juga sebaiknya tidak diubah dan tetap dipertahankan. Ketika pelanggan sudah familiar dengan website atau online shop Anda, mengubah nama domain akan menurunkan pengunjung website. Dari segi SEO juga sangat tidak disarankan, posisi online shop di mesin pencari akan turun secara drastis. Konsisten dalam alamat domain membuat bisnis Anda terlihat konsisten di mata pelanggan dan mesin pencari.

2. Desain Toko Online

Sama seperti mengatur dekorasi dan tata letak barang di toko offline, online shop juga harus memiliki tampilan dan tata letak yang menarik dan memudahkan pelanggan ketika mencari sebuah produk. Buat desain online shop yang menarik, gunakan fitur-fitur online shop yang terbaru dan tampilkan produk dengan tata letak yang sesuai.

Selain menarik, desain toko online juga harus dapat digunakan oleh semua kalangan. Pengguna toko online mempunyai tingkat pendidikan dan latar belakang yang berbeda, tidak semua dari mereka terbiasa menggunakan website atau online shop. Buatlah desain toko online Anda mudah digunakan, semakin mudah digunakan maka jangkauan online shop Anda akan semakin luas.

Tampilkan informasi produk dengan lengkap, gunakan foto produk yang jelas dan menampilkan beberapa sisi. Jika memungkinkan gunakan video untuk menambah keyakinan pelanggan untuk membeli produk Anda. Di setiap halaman produk yang Anda buat sediakan kontak yang bisa dihubungi, bisa dalam bentuk chat atau link menuju halaman kontak. Dengan demikian pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Anda untuk menanyakan informasi produk yang belum jelas.

Baca juga : Cara Membuat Desain Website Yang Baik Untuk Pengguna..

3. Search Engine Optimization (SEO)

SEO memang sangat penting ketika mengembangkan sebuah website atau online shop, karena sumber pengunjung online shop terbesar berasal dari mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan lainnya. Semakin baik online shop Anda di optimasi SEO nya, maka kemungkinan untuk mendapatkan halaman pertama hasil pencarian google menjadi lebih besar. Lakukan optimasi SEO dengan benar agar posisi toko online Anda di mesin pencari meningkat.

Ketika melakukan optimasi mesin pencari targetkan topik dan kata kunci yang relevan dengan produk Anda. Analisa terlebih dahulu kata kunci yang digunakan oleh pelanggan ketika mencari produk sejenis, cari kata kunci berkaitan dan kembangkan menjadi sebuah topik. Tidak perlu menargetkan kata kunci populer dan mendatangkan banyak pengunjung website, tetapi kurang relevan dengan produk Anda. Ingat optimasi mesin pencari itu adalah usaha meningkatkan pengunjung website secara kuantitas dan kualitas. Artinya, meningkatkan pengunjung website yang memang bisa dijadikan pelanggan potensial.

Optimasi mesin pencari juga harus memperhatikan mobile responsive, karena mulai dari tahun 2016 google sudah memprioritaskan website yang memiliki desain mobile responsive. Buat desain toko online Anda tetap baik walau diakses menggunakan berbagai perangkat dan pastikan fitur-fiturnya tetap tersedia ketika diakses menggunakan perangkat mobile.

Baca Juga: Cara Optimasi Website Untuk Meningkatkan Posisi di Mesin Pencari

4. Promosi Menggunakan Beberapa Media

Sosial media adalah sumber pengunjung website terbesar setelah mesin pencari, saat ini ada sekitar 3 milyar pengguna sosial media di dunia. Promosikan toko online Anda menggunakan sosial media marketing, bisa  menggunakan instagram, facebook dan linkedin. Selain mendapatkan pengunjung online shop, promosi sosial media juga meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Sediakan kolom subscribe atau berlangganan email di toko online Anda, dengan demikian pelanggan dapat mendaftarkan email mereka untuk mendapatkan informasi promo atau produk terbaru. Dengan email marketing kita dapat menjaga hubungan dengan pelanggan lebih dekat, memberikan update seputar toko online dan menyampaikan informasi penting lainnya.

Ketika melakukan promosi menggunakan media sosial dan email marketing, jangan lupa untuk menggunakan konten marketing yang menarik. Konten marketing adalah hal yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan konversi. Semakin baik konten marketing Anda maka semakin besar konversi yang Anda dapatkan. Gunakan konten marketing dalam bentuk video, karena saat ini pengguna internet lebih tertarik kepada konten dalam bentuk video dibanding teks.

5. Cara Pembayaran Yang Beragam

Pengguna internet biasanya sangat memperhatikan biaya layanan ketika melakukan pembayaran, mereka pasti menghindari biaya transfer antar bank. Hal ini bisa menjadi penentu transaksi berlanjut atau tidak. Berikan opsi pembayaran transfer bank menggunakan beberapa bank yang umum digunakan sehingga mereka bisa memilih opsi yang sesuai.

Selain pembayaran menggunakan bank transfer, saat ini pengguna internet banyak menggunakan dompet digital seperti gopay, ovo, dana dan lainnya. Untuk lebih memanjakan pelanggan berikan opsi pembayaran menggunakan dompet digital dan kartu kredit. Ingat, pengguna internet itu butuh kemudahan.

Hal yang lagi populer saat ini adalah opsi pembayaran cash on delivery atau sering disingkat COD. Ketika toko online Anda menggunakan opsi pembayaran COD maka bisnis Anda dapat menjangkau orang-orang yang tidak memiliki akses ke lembaga finansial seperti bank dan dompet digital. Selain itu opsi COD sangat digemari saat ini terutama dikalangan ibu-ibu rumah tangga. Jalin kerjasama dengan perusahaan delivery yang menyediakan opsi pembayaran COD, biasanya mereka bersedia menalangi pembayaran produk Anda sebelum pelanggan membayarnya secara cash.

6. Proses Pembayaran Yang Singkat

Saya pernah berbelanja di sebuah online shop dan ketika proses pembayaran atau checkout, saya disuruh mengisi formulir yang sangat panjang. Jika produk yang saya beli itu tidak sangat penting, mungkin saya akan membatalkan pembelian. Pengguna internet tidak suka hal ribet dan bertele-tele. Buat halaman pembayaran Anda sesederhana mungkin, satu halaman sangat direkomendasikan. Ketika pengguna menekan tombol beli, arahkan mereka ke halaman pengisian data dan jika memungkinkan buat mereka menyelesaikan pembayaran di halaman itu juga.

Jika Anda memperhatikan beberapa faktor di atas saat membuat toko online, kami yakin toko online Anda akan mendapatkan respon positif dari pengguna internet. Namun kita tetap harus mengembangkan wawasan, terlebih wawasan pelanggan yang sudah menggunakan online shop Anda.

Gunakan google analytic dan facebook pixel untuk mendapatkan data yang lebih lengkap, sehingga Anda bisa tahu bagaimana pengguna internet menggunakan toko online Anda. Pelajari dengan baik dan gunakan data tersebut untuk meningkatkan kualitas desain dan pelayanan yang lebih baik. Terus meningkatkan kualitas berarti Anda satu langkah lebih baik dibanding kompetitor.

Jika Anda belum membutuhkan jasa profesional pembuatan toko online, kami dapat membantu Anda membuat toko online yang sesuai dengan ekspektasi pasar dan mesin pencari. SEO analys kami akan memastikan online shop Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian google. Percayakan kepada kami solusi lengkap untuk online shop Anda.