cara optimasi websiteSiapa yang tidak mau websitenya muncul di halaman pertama hasil pencarian google?
Pasti semua pemilik website mengharapkannya, karena sumber pengunjung web terbesar berasal dari mesin pencari. Banyak faktor penentu posisi web di hasil pencarian google, ada sekitar 200 faktor, tidak usah dipelajari semua karena akan membuat kepala pusing. Optimasi website adalah kuncinya, semakin baik website di optimasi maka semakin besar peluang untuk muncul di halaman pertama google.

Untuk mendapatkan posisi di halaman pertama hasil pencarian google tidak cukup hanya dengan melakukan SEO, Ada beberapa bagian web yang harus dioptimasi dan disesuaikan dengan persyaratan mesin pencari. Berikut ini kami akan membagikan cara mengoptimasi website untuk meningkatkan posisi web di hasil pencarian mesin pencari.

 

Mengoptimasi website agar mobile responsive

Optimasi Web Agar Mobile Responsive

Sejak tahun 2016 google lebih memprioritaskan website dengan desain antarmuka pengguna yang responsif. Dimana layout website tetap baik dan fitur-fitur web tetap tersedia meski diakses menggunakan perangkat mobile. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya pengguna internet menggunakan smartphone. Berikut ini beberapa optimasi untuk membuat web lebih mobile friendly:

  1. Usahakan agar antarmuka pengguna web Anda dapat beradaptasi dengan ukuran layar komputer, tablet dan smartphone. Ukuran huruf jangan terlalu kecil agar pengguna mobile dapat membacanya dengan baik.
  2. Atur ukuran gambar secara spesifik ketika diakses menggunakan komputer, tablet ataupun smartphone. Jangan menggunakan satu ukuran untuk semua perangkat, tapi dapat diskalakan berdasarkan ukuran layar pengguna.
  3. Gunakan meta title dibawah 60 karakter agar dapat dibaca seutuhnya di smartphone.
  4. Sebaiknya jangan menampilkan popup yang menutupi konten web, hal ini untuk menghindari pengunjung web langsung meninggalkan website Anda dan meningkatkan bounce rate.
  5. Jangan membuat artikel terlalu panjang, pengguna mobile lebih memilih konten ringkas dan langsung pada intinya.

 

optimasi website seo

Search Engine optimization (SEO)

Optimasi mesin pencari memang bukanlah hal mudah, banyak elemen-elemen website yang harus dioptimasi. Hal yang paling susah adalah memastikan apakah optimasi sudah sesuai dengan harapan mesin pencari. Tapi sekarang sudah banyak tersedia alat untuk mengaudit SEO web, mulai dari alat gratis hingga berbayar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan search engine optimization adalah:

  1. Sebelum melakukan SEO, pastikan website sudah mobile friendly
  2. Lakukan pengecekan apakah ada kode error pada website dan pastikan berjalan dengan baik
  3. Buat file robots.txt dan optimasi sesuai dengan kebutuhan web Anda, jangan melakukan blok pada bot mesin pencari terpercaya.
  4. Daftarkan website ke google search console, lakukan permintaan index, kirimkan url sitemap dan cek secara berkala apakah web Anda sudah terindeks dan tidak ada masalah saat proses pengindeksan. Banyak fitur google search console yang dapat Anda gunakan untuk memonitor keadaan web di mesin pencari. Gunakan semaksimal mungkin dan lakukan perbaikan jika terdapat kesalahan saat proses pengindeksan.
  5. Pastikan jumlah karakter meta title dan meta description sesuai dan tidak ada duplikat. Tempatkan kata kunci yang ingin ditargetkan di bagian meta title dan meta description. Sesuaikan kata kunci tersebut dengan kepadatan kata kunci konten pada halaman yang sama.
  6. Periksa konten website, pastikan setiap konten dibuat untuk menargetkan kata kunci dan berfokus pada sebuah topik. Gunakan kepadatan kata kunci yang wajar, agar mesin pencari tidak menganggap web Anda sedang melakukan spam untuk kata kunci tersebut.
  7. Periksa semua link pada website, cari link bermasalah dan optimasi, jika ada halaman website yang sudah tidak tersedia maka alihkan linknya ke konten berkaitan.

 

Mengoptimasi schema-markup website
Optimasi Schema Markup Website

Schema markup adalah kode dan microdata yang dibuat dengan tujuan membantu mesin pencari memberikan hasil yang lebih informatif bagi pengguna internet. Kode ini memungkinkan Anda untuk membuat deskripsi muncul di hasil pencarian.

Schema markup jika ditambahkan ke kode web dapat membantu mesin pencari untuk memahami informasi yang terkandung di halaman web dengan lebih baik, serta menampilkan pada hasil pencarian yang lebih sesuai. Penggunaan schema markup pada website tidak menjamin meningkatkan posisi di hasil pencarian mesin pencari. Namun web Anda akan ditampilkan kepada pencarian yang lebih sesuai.

Penggunaan schema markup tidak sama antara satu bisnis dengan bisnis lainnya, terdapat perbedaan berdasarkan kategorinya. Beberapa kategori populer adalah artikel, even, lokal bisnis, organisasi, produk, review dan lainnya. Anda dapat mengikuti dokumentasi yang disediakan di website schema.org. Di website ini juga tersedia contoh kode yang dapat disesuaikan dengan bisnis Anda. Cari template yang sesuai, modifikasi dan tambahkan ke kode website. Anda juga dapat melakukan pengecekan apakah kode schema markup sudah benar menggunakan alat yang disediakan oleh google.

 

optimasi konten marketing website

Optimasi Konten Marketing Website

Setiap hari ada jutaan konten ditambahkan di internet bahkan lebih, untuk menjadi bagian dalam 10 konten web yang ditampilkan di halaman pertama mesin pencari bukan suatu hal mudah. Konten web Anda harus lebih baik dibanding jutaan konten lainnya, agar bisa bersaing buatlah konten yang membahas suatu topik secara rinci dan lengkap.

Konten di website sebaiknya dibuat dalam bentuk dokumentasi saling berhubungan antara satu konten dengan konten lainnya. Namun dalam proses pembuatan konten Anda harus tetap membuat konten yang bermanfaat, informatif dan menghibur. Update konten lama, perbanyak konten dalam bentuk video dan sebarkan melalui akun media sosial.

Untuk meningkatkan posisi di mesin pencari Anda harus lebih berfokus pada konten web, ketika konten web informatif, bermanfaat, dijelaskan secara rinci dan lengkap maka faktor lain bisa saja seakan terabaikan. Pengunjung web dan posisi web Anda di mesin pencari akan terus meningkat.

 

optimasi user experience website

Optimasi User Experience Website

User experience adalah bagaimana memahami dan mendapatkan wawasan tentang pengguna web, cara mereka menggunakan web, apa kebutuhan mereka, kemampuan mereka dan pengalaman mereka ketika menggunakan sebuah website. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat mengoptimasi user experience:

Bermanfaat

Hal paling mendasar adalah konten website Anda harus jelas dan bermanfaat bagi pengguna.

Mudah Digunakan

Usahakan tampilan website Anda mudah digunakan oleh semua kalangan, jangan terlalu mementingkan tren desain website yang sedang berkembang.

Menarik

Selain mudah digunakan, tampilan website juga harus menarik perhatian pengunjung website

Terpercaya

Konten website harus dibuat dengan baik dan dapat dipercaya, karena pengguna website akan menilai konten website Anda dan mempengaruhi kepercayaan mereka.

Bernilai

Anda harus memberikan nilai kepada pengguna di setiap konten website yang Anda buat.

 

optimasi link dan backlink website

Optimasi Link dan Backlink Website

Website diciptakan dengan konsep saling berkaitan antara satu halaman dengan halaman lainnya, penghubungnya adalah hyperlink yang biasa disingkat dengan link. Oleh karena itu setiap halaman web harus dibuat saling berkaitan, misalnya di halaman beranda terdapat link menuju halaman produk, blog, kontak dan halaman lainnya. Demikian juga halaman-halaman lainnya harus saling berkaitan.

Periksa setiap link di web Anda, jika ada link rusak atau halaman yang sudah tidak tersedia, segera alihkan ke halaman yang berkaitan. Sehingga pengunjung web tidak kecewa dan tetap mendapat informasi.

Backlink adalah link yang menuju web Anda dari web lain, backlink merupakan faktor penting untuk meningkatkan posisi di mesin pencari. Namun banyak pihak menyalahgunakannya dengan cara melakukan spam backlink, tapi semakin hari algoritma mesin pencari semakin mahir dalam mengidentifikasinya. Hal ini membuat spam backlink di kolom komentar website sudah tidak efektif lagi saat ini.

Berfokuslah pada kualitas backlink yang bisa Anda dapatkan, bukan dengan kuantitas. Karena satu backlink dari website populer dan berkaitan jauh lebih berharga dibanding 50 backlink dari website yang tidak populer dan tidak berkaitan.

 

Kesimpulan

Itu lah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat mengoptimasi website. Memang proses optimasi website bukan hal mudah, dibutuhkan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Ketika saya mengoptimasi website salah satu klien, kadang saya berpikir tugas ini hampir sama seperti merawat seorang bayi. Saya harus memperhatikan setiap bagian-bagian dari halaman website dengan penuh ketelitian, dan pasti menyita waktu dan perhatian yang cukup besar.

Jika Anda ingin mengoptimasi website tapi belum terbiasa melakukannya, tim kami siap membantu. Kami akan mengoptimasi website Anda hingga mendapatkan hasil yang maksimal. SWS Digital Agency sudah berpengalaman dalam membuat dan mengoptimasi website beberapa klien di Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Hubungi Kami Melalui Halaman Kontak..