fbpx

cara membuat copywritingFaktor penting dalam melakukan promosi adalah konten marketing dan copywriting, semakin baik dibuat semakin besar juga konversi yang diperoleh. Bahkan Bill Gates pernah menulis sebuah esai berjudul “content is king”, hal ini membuktikan pengaruh konten sangat besar dalam kegiatan marketing. Oleh karena itu kita harus belajar bagaimana cara membuat copywriting yang dapat meningkatkan penjualan.

Apakah semua orang bisa membuat copywriting dan konten marketing?

Tidak ada orang terlahir dengan pengetahuan bagaimana membuat copywriting atau konten marketing yang hebat. Membuat copywriting adalah keterampilan yang bisa dipelajari oleh siapa saja, walau Anda baru mengenal digital marketing atau sedang menjalankan sebuah bisnis. Lanjutkan membaca artikel ini, karena kami akan memaparkan cara membuat copywriting untuk meningkatkan penjualan.

Ketika melakukan digital marketing orang sering bingung membedakan antara copywriting dan konten marketing. Memang ada beberapa hal sama diantara keduanya dan kadang sulit untuk dibedakan. Tapi dalam hal tujuan, keduanya sangat berbeda.

Perbedaan Copywriting dan Konten Marketing

Meskipun keduanya digunakan untuk terhubung dengan audien, tapi ada beberapa perbedaan antara copywriting dan konten marketing. Berikut ini perbedaan keduanya:

Copywriting

Copywriting adalah membuat tulisan untuk kegiatan iklan atau pemasaran bertujuan untuk mengarahkan pengguna untuk melakukan sesuatu secara spesifik. Seperti mengarahkan audiens untuk membeli sebuah produk, berlangganan, menghubungi Anda untuk mendapatkan informasi produk, dan lainnya.

Biasanya copywriting berbentuk email marketing, landing page, dan iklan. Lebih bagus lagi jika bisa menggabungkannya. Seperti membuat iklan dengan landing page, hal ini dapat meningkatkan konversi iklan.

Konten Marketing

Konten marketing adalah membuat tulisan atau konten bertujuan untuk menghibur, memberikan pembelajaran, atau memberikan informasi produk atau jasa kepada pelanggan. Biasanya konten marketing banyak ditemukan dalam bentuk ebook, halaman blog website, halaman website, dan sosial media.

Kedua hal diatas sangat penting untuk meningkatkan penjualan menggunakan website atau toko online, karena tidak akan maksimal jika hanya menggunakan salah satu diantaranya. Untuk menarik minat audiens gunakan konten marketing yang baik dan terus berikan konten sesuai dengan minat mereka.

Setelah itu buat copywriting sesuai dengan konten yang telah mereka dapatkan. Buat copywriting sebaik mungkin dan arahkan mereka untuk membeli produk Anda. Dengan membuat copywriting yang baik biasanya audiens tidak akan menyadari perbedaan antara konten marketing dan copywriting yang mereka baca. Membuat copywriting juga dapat membantu Anda sukses ketika bekerja atau menjalankan sebuah bisnis, karena copywriting akan meningkatkan penjualan.

Faktor-Faktor Penting Ketika Membuat Copywriting

Menulis copywriting dan konten marketing membutuhkan skil penulisan berbeda. Orang yang bisa menulis konten marketing belum tentu bisa menulis copywriting, begitu juga sebaliknya. Namun dengan latihan dan praktek terus menerus, Anda akan bisa melakukan kedua hal tersebut dengan baik. Berikut ini beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika membuat copywriting.

1. Pahami Apa Produk Anda

Sebelum menjual produk atau jasa kepada audiens, Anda harus mengerti apa yang Anda jual. Apa manfaatnya untuk pelanggan, apa kelebihannya dibanding produk kompetitor dan apa kelemahannya. Untuk memastikan apakah Anda sudah memahami produk, silahkan jawab beberapa pertanyaan dibawah ini:

Siapa target produk Anda?
Apa masalah yang dapat diselesaikan?
Apa manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan?
Apa kelebihannya dibanding produk sejenis?

Ketika Anda sudah mengenal produk, maka akan sangat membantu proses marketing selanjutnya. Kegiatan marketing akan berjalan tetap pada jalur. SEO akan menargetkan calon pelanggan potensial dan kegiatan iklan dapat menargetkan calon pelanggan yang membutuhkan produk terkait.

2. Siapa Calon Pelanggan

Mengenali calon pelanggan adalah hal sangat penting dilakukan untuk membuat copywriting. Pasti ada perbedaan ketika kita berbicara kepada orang asing dan kepada seorang teman. Berbicara kepada seorang teman akan lebih santai dan lebih akrab. Karena kita sudah mengenalnya dan membuat pembicaraan terasa lebih menyenangkan.

Semakin baik Anda mengenal calon pelanggan maka semakin baik juga Anda membuat copywriting. Ketika Anda mengenal seorang teman, tau apa yang dia suka, apa yang dia pikirkan, apa kegiatan favoritnya, apa masalahnya dan apa solusi yang sedang dia cari, akan lebih mudah membuat copywriting dari sudut pandang seorang teman. Hasilnya akan menjadi sebuah copywriting yang sukses di pasar.

Untuk mengenal lebih dekat siapa audiens Anda, gunakan google analytic dan facebook pixel dengan baik. Kedua aplikasi ini akan memberikan data-data yang dibutuhkan, jika masih kurang gunakan aplikasi lainnya. Ingat, semakin baik Anda mengenal calon pelanggan, semakin baik hasil copywriting yang Anda buat.

3. Gunakan Judul Menarik

Menurut penelitian sekitar 70% pengguna internet hanya membaca judul artikel dan melanjutkan aktivitasnya. Oleh karena itu judul sangat berpengaruh untuk menarik minat audiens untuk membaca isi copywriting yang Anda buat. Judul yang efektif mampu menghentikan aktivitas pengguna internet dan meluangkan waktu untuk membaca apa yang Anda tulis.

Namun tetap harus berhati-hati saat menentukan judul, karena judul yang tidak sesuai dengan isi copywriting akan membuat pembaca kecewa dan mengurangi kepercayaan mereka. Berikut ini beberapa poin yang dapat anda sisipkan saat membuat judul:

Berikan janji kepada pembaca
Buat mereka penasaran
Minta pendapat mereka

Dengan poin diatas judul yang Anda buat akan menarik minat pembaca.

Baca juga :Cara Membuat Toko Online Yang Sukses di Pasaran..

4. Buat Dalam Bentuk Poin-Poin

Tidak semua pengguna internet membaca seluruh isi konten, sebagian hanya akan mencari hal-hal penting saja. Biasanya mereka akan membaca judul, heading dan point-point penting.

Menempatkan isi copywriting yang penting dalam bentuk poin-poin akan memudahkan pembaca untuk menangkap maksud yang ingin Anda sampaikan. Poin-poin lebih menarik minat mereka untuk membacanya, karena membutuhkan waktu yang lebih singkat.

5. Batasi Pilihan Mereka

Memberikan banyak pilihan tidak selamanya baik, copywriting yang memberikan banyak pilihan akan membuat pembaca menjadi bingung. Buatlah copywriting yang mengarahkan pembaca ke halaman yang seharusnya mereka baca. Jika menggunakan landing page, arahkan mereka ke landing page tersebut. Jangan berikan mereka beberapa pilihan seperti link ke halaman blog, halaman produk, dan halaman lainnya. Karena ini akan mengaburkan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada mereka.

Ketika Anda ingin mengarahkan mereka untuk membeli sebuah produk, letakkan bombol beli di beberapa tempat. Gunakan tombol lebih besar dan menarik perhatian mereka. Gunakan font lebih tebal dan warna berbeda. Usahakan copywriting fokus mengarahkan pembaca untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan demikian konversi akan lebih tinggi.

6. Berikan Jaminan

Tidak mudah meyakinkan orang untuk membeli sebuah produk yang belum pernah mereka beli, pasti ada keraguan meski sudah membaca deskripsi produk secara lengkap. Oleh karena itu copywriting harus mampu memberikan jaminan kepada pembaca bahwa mereka akan mendapatkan manfaat lebih jika membeli produk tersebut. Bisa saja dalam bentuk garansi selama 1 tahun, gratis support selama 1 tahun, garansi uang kembali, mendapat akses untuk bergabung dengan komunitas dan lain sebagainya.

Jaminan yang Anda berikan akan sangat berpengaruh kepada keputusan mereka untuk membeli produk. Setiap orang butuh jaminan untuk mendapatkan produk yang sesuai keinginan mereka. Akhiri copywriting dengan kalimat yang mendorong mereka untuk membeli produk saat itu juga.

Baca juga : Cara Membuat desain website yang baik..

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengerti bagaimana cara membuat copywriting secara spesifik dan bagaimana mengarahkan pembaca untuk membeli produk Anda. Awali dengan menarik perhatian mereka dengan berita-berita yang membangkitkan rasa ingin tahu, gunakan poin-poin penting, batasi pilihan mereka dan berikan jaminan.

Tapi kemampuan membuat copywriting harus terus diasah untuk mendapatkan hasil lebih baik. Jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis dan membutuhkan jasa digital marketing, kami siap membantu. SWS Digital Agency memiliki tim profesional lengkap dan berpengalaman dalam membuat copywriting dan konten marketing. Ketika Anda mempercayakan kami untuk mengelola digital marketing bisnis Anda, kami yakin penjualan akan meningkat dengan biaya promosi lebih murah.

Kunjungi juga halaman facebook dan instagram kami untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat.

Creative Digital Agency

Layanan & Jasa

Kami memberikan layanan terbaik untuk setiap client kami, dengan harapan bisnis mereka dapat berkembang dan meningkatkan omset penjualan melalui digital marketing.

Tidak semua bisnis dapat di kembangkan dengan metode yang sama, ada perbedaan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan tim kreatif yang dapat menemukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan website di batam

Jasa SEO Halaman Pertama

jasa seo di batam

Sosial Media Marketing

jasa sosial media management

Server & Cloud Management

jasa server di batam

Jasa Brand Design

jasa brand design di batam

Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis di batam

Jasa Design Digital Product

jasa design digital product

Foto & Video Production

jasa foto dan video di batam

Percetakan Digital Printing

percetakan digital printing di batam

Percetakan Offset Printing

operator offset printing di batam

Privacy Preference Center