fbpx

Semakin hari digital marketing semakin dibutuhkan, karena faktanya pengguna internet di Indonesia semakin meningkat. Apalagi keadaan saat ini yang memaksa masyarakat untuk mengurangi aktivitas keluar rumah.

Tidak hanya pengguna internet yang bertambah, gaya hidup masyarakat Indonesia juga ikut berubah. Seakan masyarakat dipaksa untuk menggunakan teknologi untuk menunjang kegiatannya sehari-hari.

Sebagai contoh, saat ini kita sudah terbiasa menggunakan aplikasi virtual meeting seperti zoom, meets, teams dan lainnya untuk kebutuhan meeting.

Di sisi lain kegiatan berbelanja secara online di Indonesia juga semakin meningkat. Menurut website Kontan kegiatan berbelanja secara online meningkat hingga 6 kali lipat, dan terjadi penurunan pada kegiatan belanja masyarakat secara offline.

Tujuan dasar dari kegiatan pemasaran atau marketing pada umumnya adalah memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat di tempat dan waktu yang tepat. Setelah melihat fakta diatas maka dapat disimpulkan bahwa peluang pemasaran di internet semakin besar.

Kegiatan marketing menggunakan internet sering disebut dengan digital marketing, sebenarnya tujuannya tidak jauh berbeda dengan marketing tradisional, hanya saja digital marketing menggunakan media-media digital dalam menyampaikan pesan kepada calon pelanggan.

Dalam artikel ini kami akan membahas digital marketing secara lengkap, sehingga bisa menjadi pedoman Anda. Artikel ini cocok untuk mahasiswa, profesional dan pengusaha yang sedang belajar digital marketing.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang digital marketing.

Daftar Isi

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah semua kegiatan pemasaran produk atau jasa menggunakan perangkat elektronik atau internet sebagai medianya, seperti mesin pencari, media sosial, email, dan website untuk terhubung dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Biasanya digital marketing dilakukan dengan cara membuat calon pelanggan tertarik melalui konten marketing yang menarik, sehingga proses pemasaran akan terjadi tanpa adanya paksaan kepada calon pelanggan.

Mengapa Digital Marketing Penting Diterapkan?

Proses digitalisasi di Indonesia bahkan di dunia saat ini sangat masif, bahkan banyak kebijakan pemerintah yang mendorong hal tersebut. Oleh karena itu pemasaran melalui media digital juga sangat penting dilakukan.

Digital marketing dapat membantu Anda menjangkau konsumen lebih luas dibanding metode marketing tradisional dan Anda dapat menarget calon pelanggan yang berpeluang besar untuk membeli produk atau layanan Anda.

Selain itu biaya yang dikeluarkan juga lebih hemat dibanding marketing tradisional, hasilnya bisa diukur dan ditampilkan dalam bentuk data sesuai dengan keinginan Anda. Hal ini membuat digital marketing menjadi pilihan perusahaan-perusahaan besar saat ini.

Kelebihan Digital Marketing Dibanding Marketing Tradisional.

Bagi digital marketer sebenarnya sangat banyak manfaat yang sudah diperoleh melalui digital marketing, namun kami akan menjelaskan 4 manfaat terbesar yang selama ini kami dapatkan.

1. Menarget Calon Pembeli Potensial.

Sehebat-hebatnya seorang marketing melakukan tugasnya, tetap saja dia tidak bisa memastikan produk atau layanan yang dia tawarkan dibeli oleh konsumen.

Ya, benar. Kita tidak mungkin memaksa konsumen untuk membelinya kan?

Kita hanya bisa memastikan kegiatan marketing dilakukan kepada calon pelanggan potensial yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan yang kita tawarkan. Masalah dibeli atau tidak, banyak faktor yang menentukan.

Dalam marketing tradisional seperti memasang iklan di TV, di majalah, atau di papan reklame, Anda hanya memiliki sedikit wawasan mengenai siapa yang akan melihat iklan tersebut.

Mungkin Anda dapat mengukur demografi tertentu, jumlah rata-rata pembaca majalah tersebut setiap bulannya, atau lokasi pemasangan iklan. Tetapi sebenarnya wawasan mengenai target audien masih abu-abu dan tidak bisa dipastikan.

Hebatnya, digital marketing memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan menargetkan audiens secara spesifik. Anda juga bisa mengirim ke audien pesan pemasaran yang sudah dirancang terlebih dahulu agar memiliki tingkat konversi lebih tinggi.

Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan fitur penargetan di media sosial untuk menampilkan iklan Anda kepada audiens berdasarkan variabel tertentu, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, jaringan, atau perilaku.

Bahkan Anda juga dapat menggunakan strategi PPC atau SEO untuk menayangkan iklan kepada pengguna yang telah menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda. Atau yang mencari kata kunci tertentu di mesin pencari yang berhubungan dengan industri Anda.

Digital marketing menyediakan data yang dapat anda gunakan untuk melakukan penelitian dan mengidentifikasi persona pembeli Anda. Sehingga dapat digunakan sebagai data untuk menyempurnakan strategi pemasaran kedepannya dan memastikan kegiatan marketing menjangkau calon pelanggan potensial.

Yang lebih hebat lagi, digital marketing dapat membantu Anda memasarkan produk atau jasa kepada kelompok yang memiliki karakteristik mirip dengan pelanggan Anda saat ini, sehingga Anda dapat lebih mudah mendapatkan pelanggan baru.

2. Digital Marketing Lebih Hemat Dibanding Marketing Tradisional.

Saat melakukan digital marketing Anda dapat memperhatikan datanya setiap hari dan menyesuaikan anggaran di masing-masing media berdasarkan ROI yang diperoleh.

Hal ini tidak akan Anda dapatkan pada marketing tradisional. Terlepas dari seberapa besar kinerja papan reklame yang Anda pasang, biayanya akan tetap sama.

Kelebihan dari digital marketing dalam hal budget adalah Anda memiliki kendali penuh atas tempat dan budget yang akan Anda keluarkan.

Strategi digital marketing memberikan kebebasan kepada Anda untuk terus berinovasi dan memastikan Anda tidak menghabiskan uang untuk kegiatan promosi yang tidak menghasilkan penjualan.

Bahkan untuk bisnis kecil dengan anggaran terbatas juga dapat melakukan digital marketing di media sosial, website, dan SEO. Dimana ketiga strategi tersebut dapat memberi Anda ROI tinggi dengan budget minimal.

3. Dengan Digital Marketing Anda Mampu Bersaing Dengan Perusahaan Besar.

Jika Anda sedang menjalankan perusahaan yang masih kecil dengan anggaran terbatas, pasti sulit bersaing dengan kompetitor yang sudah memiliki nama besar di industri tersebut. Mungkin mereka memiliki dana cukup besar untuk melakukan promosi di iklan televisi atau media nasional lainnya.

Dana terbatas Anda tidak akan mampu mengimbanginya jika menggunakan marketing tradisional. Tapi dengan menggunakan digital marketing Anda masih punya banyak peluang untuk mengungguli pemain besar, tentunya menggunakan strategi digital marketing yang tepat.

Anda bisa mencari kata kunci long tail berkaitan dengan produk atau layanan Anda dan membuat konten berkualitas tinggi untuk mendapatkan posisi di halaman pertama mesin pencari untuk pencarian dengan kata kunci tersebut.

Mesin pencari tidak peduli seberapa besar brand Anda, mesin pencari akan memprioritaskan konten berkualitas dan paling sesuai.

Di sisi lain media sosial juga memungkinkan Anda mendapatkan pelanggan baru melalui pemasaran menggunakan jasa influencer atau membuat konten berkualitas.

Karena faktanya kita jarang mengikuti akun sosial media merek-merek besar, tetapi lebih banyak mengikuti influencer yang sesekali akan mengiklankan produk atau layanan.

Jika Anda sedang menjalankan perusahaan berskala kecil hingga menengah, sosial media marketing dan jasa influencer bisa menjadi opsi untuk dipertimbangkan.

4. Digital Marketing Dapat Diukur.

Kegiatan promosi menggunakan digital marketing dapat menyediakan data dengan tampilan mudah dilihat, bahkan laporan tersebut bisa diatur sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Seperti jumlah tayangan yang diperoleh, engagement, reaction, lokasi, konversi dan data lainnya dapat ditampilkan dalam periode tertentu.

Tidak seperti kebanyakan marketing tradisional, hasil kegiatan promosi menggunakan digital marketing bahkan dapat dilihat secara real time.

Jika Anda pernah memasang iklan di sebuah surat kabar, Anda pasti mengerti betapa sulitnya memperkirakan jumlah orang yang sudah membaca iklan tersebut. Tidak ada cara pasti untuk mengukur tingkat keberhasilan iklan yang Anda buat.

Dengan digital marketing Anda bahkan dapat mengukur ROI hampir di semua media promosi Anda. Sebagai contoh:

a. Trafik Pengunjung Situs Web

Dengan digital marketing Anda dapat melihat jumlah pengunjung website Anda secara real time. Anda juga dapat melihat halaman yang mereka kunjungi, perangkat apa yang mereka gunakan, lokasi mereka dan data lainnya.

Semua data dapat dilihat dengan bantuan google analytic, data tersebut juga dapat di set sesuai dengan goal yang Anda harapkan dari pengunjung website dan menghitung konversi yang Anda peroleh.

Data yang lengkap dan terukur dapat membantu Anda memprioritaskan saluran pemasaran mana yang mendatangkan trafik dan konversi tinggi. Tidak hanya itu, data tersebut juga dapat menunjukkan media mana yang membutuhkan perhatian dan waktu yang lebih banyak.

Misalnya dari data google analytic diperoleh hanya 25% pengunjung website Anda berasal dari penelusuran organik, maka Anda bisa meluangkan waktu di SEO untuk meningkatkannya.

Dalam marketing tradisional akan sangat sulit untuk mengetahui bagaimana orang-orang berinteraksi dengan kegiatan promosi Anda sebelum mereka melakukan pembelian.

Namun dengan digital marketing, Anda dapat mengidentifikasi dan mengamati data perilaku konsumen sebelum mereka melakukan pembelian. Artinya, data tersebut dapat digunakan untuk merencanakan kegiatan marketing yang lebih efektif dan efisien.

b. Performa Konten dan Leads Yang Diperoleh.

Apakah Anda pernah mendapatkan brosur yang dibagikan di lampu merah? Brosur tersebut sudah didesain sebaik mungkin oleh tim marketing perusahaan. Dicetak menggunakan kertas yang cukup mahal dan dibagikan kepada Anda.

Bagaimana tim marketing perusahaan tersebut mendapatkan data berapa orang sudah melihat isi brosur tersebut? Berapa orang menyimpannya? Berapa orang yang tertarik? Atau berapa orang yang langsung membuangnya?

Ya.. mereka tidak bisa mendapatkan datanya.

Namun jika konten di brosur itu dibuat dalam bentuk landing page di website dan dibagikan menggunakan iklan di media sosial dengan target konsumen yang spesifik.

Maka tim marketing dapat dengan mudah melihat berapa jumlah pengunjung yang sudah melihatnya, menghitung jumlah klik di tombol tertentu, dan berapa orang yang menghubungi melalui landing page tersebut.

Bahkan dengan ide yang lebih kreatif, tim marketing bisa mengumpulkan kontak calon pelanggan dengan cara “gratis ebook marketing, masukkan email Anda untuk mendapatkannya”. Atau “daftarkan email dan whatsapp Anda untuk mendapatkan konsultasi gratis dari tim kami”.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kontak potensial leads melalui digital marketing dan hasilnya dapat dilihat dengan akurat.

Jenis-Jenis Digital Marketing.

Digital marketing memang sangat luas cakupannya, segala jenis promosi menggunakan media digital dapat disebut dengan digital marketing. Berikut ini adalah jenis digital marketing yang paling umum dan sering digunakan.

1. Search Engine Optimization (SEO).

optimasi website seo

Search engine optimization atau sering disebut SEO adalah pengoptimalan mesin pencari pada website untuk meningkatkan pengunjung web secara kuantitas dan kualitas.

SEO dapat meningkatkan posisi website Anda di hasil pencarian mesin pencari untuk kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Memang melakukan SEO dan mendapatkan posisi di halaman pertama Google bukanlah hal mudah, banyak hal yang harus dioptimasi dan membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan iklan PPC.

Tapi ketika SEO sudah dilakukan dengan benar dan website Anda sudah mendapatkan posisi di halaman pertama untuk kata kunci tertentu, posisi website Anda akan tetap bertahan hingga beberapa bulan atau beberapa tahun kedepan.

Berikut ini beberapa jenis SEO yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, namun jika bisa melakukan semuanya maka akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

a . On-page SEO (Jenis SEO Halaman).

Ini adalah jenis SEO yang paling banyak digunakan, mungkin saja Anda juga sedang melakukannya. SEO On-page adalah optimasi mesin pencari yang dilakukan pada halaman website, seperti meta title, meta description, structured data, konten dan lainnya. Intinya optimasi semua hal yang dapat dilihat oleh pembaca ketika mengunjungi website.

Hal yang paling penting dalam On-page SEO adalah konten informatif dan berkualitas tinggi. Ingat, tidak cukup hanya informatif, tapi harus berkualitas tinggi. Artinya konten website Anda harus lebih berkualitas dan dapat memecahkan masalah pembaca dibanding konten halaman website lainnya.

Letakkan target kata kunci target pada pada tempat yang seharusnya, seperti pada,

  • Judul halaman
  • Heading 1
  • Heading 2
  • Heading 3
  • Paragraf pertama

Ingat, jangan berfokus pada salah satu kata kunci saja, gunakan kata kunci sinonim atau kata kunci sejenis. Karena google memberikan peringkat tidak berdasarkan kata kunci lagi, melainkan berdasarkan topik.

b. Technical SEO.

Jenis SEO ini mirip dengan On-page SEO yang sudah kita bahas sebelumnya, bahkan banyak orang menganggapnya sama. Memang optimasi technical SEO masih dilakukan pada halaman website, tetapi lebih kepada hal-hal dibagian belakang. Lebih kepada hal-hal yang tidak bisa dilihat namun pengguna dapat merasakan manfaatnya.

Misalnya optimasi pada kecepatan website, penggunaan SSL dan schema markup.

c. Off-page SEO (Jenis SEO Luar Halaman).

Off-page SEO adalah melakukan optimasi mesin pencari dari luar halaman website. Seperti link building untuk meningkatkan backlink ke halaman website.

Backlink adalah link dari website lain yang ditujukan ke website Anda. Ketika seseorang membuat link di halaman websitenya dan mengarahkannya ke website Anda, itu akan memberikan sinyal kepada google bahwa dia menghargai konten Anda.

Semakin banyak website yang mereferensikan halaman website Anda maka akan meningkatkan page authority dan domain authority. Hal ini akan posisi website di mesin pencari.

d. Local SEO (Jenis SEO Lokal).

Jika bisnis Anda melakukan penjualan di toko fisik, jenis lokal SEO sangat penting. Karena tujuan utama local SEO adalah agar toko anda mudah ditemukan oleh pelanggan di sekitar melalui google maps atau google pencarian.

Agar mudah ditemukan, Anda harus mendaftarkan atau mengklaim (jika sudah terdaftar otomatis) bisnis Anda di google mybusiness. Hal ini hanya membutuhkan akun google dan verifikasi melalui pos atau telepon.

Setelah mendapatkan hak pengelolaan, mulailah mengoptimasi bisnis Anda dengan baik di google mybusiness.

e. App Store Optimization.

Optimasi play store tidak jauh berbeda dengan optimasi mesin pencari di halaman website. Walaupun kita tidak mengetahui secara pasti semua faktor yang menentukan posisi aplikasi di hasil pencarian, ada beberapa faktor yang bisa Anda fokuskan.

  • Gunakan judul aplikasi yang deskriptif.
  • Gunakan gambar ikon aplikasi yang menarik.
  • Tulis deskripsi aplikasi Anda dengan akurat dan sisipkan kata kunci target dengan kepadatan yang cukup.
  • Link website menuju aplikasi Anda di playstore juga akan mempengaruhi hasil pencarian.

f. Youtube SEO.

Sama seperti On-page SEO, konten video youtube harus dibuat bagus dan dapat memecahkan masalah pengguna. Buat video yang lebih berguna dibanding video-video lainnya. Jika konten video Anda sudah bagus dan bermanfaat, maka lakukan beberapa hal berikut ini.

  • Ajak penonton video Anda berinteraksi melalui kolom komentar untuk memberikan sinyal kepada algoritma pencarian youtube bahwa video Anda mendapat respon yang baik oleh banyak orang.
  • Berikan judul video yang menarik dan tempatkan kata kunci target pada judul tersebut.
  • Tulis deskripsi video dengan lengkap dan detail. Sisipkan target kata kunci dengan kepadatan yang cukup.
  • Tambahkan 3 tag yang relevan.
  • Tambahkan subtitle pada video.
  • Ketika konten video Anda menarik dan banyak orang yang menyematkan di website mereka, maka peringkat video Anda akan meningkat di hasil pencarian youtube.

Kami telah membahas SEO dengan lengkap, silahkan baca artikel Apa Itu SEO dan Jenis-Jenis SEO.

2. Konten Marketing.

optimasi konten marketing website

Konten marketing merujuk pada pembuatan dan promosi konten dengan tujuan menghasilkan brand awareness, meningkatkan pengunjung, mendapatkan leads yang potensial dan meningkatkan penjualan.

Konten marketing hampir digunakan di seluruh saluran digital marketing, berikut ini beberapa penggunaan konten marketing.

a. Konten Pada Blog Atau Website.

Menulis artikel di website perusahaan membantu Anda menunjukkan keahlian perusahaan pada topik tersebut dan mendapatkan pengunjung website melalui pencarian organik.

Hal ini akan menambah penjualan jika Anda mampu mengarahkan pengunjung situs web untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

b. Ebook dan Whitepaper.

Ebooks, whitepaper, dan konten yang lengkap membahas sebuah topik akan membantu memberikan pembelajaran kepada pengunjung website.

Konten ini dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk mendapatkan kontak pengunjung website dan menambah daftar kontak pembeli potensial di perusahaan Anda.

c. Infografis.

Infografis adalah bentuk konten visual yang membantu pengunjung situs web mempelajari sebuah topik melalui konten yang berisi gambar dan data.

Pengguna sosial media memang lebih senang melihat data tentang sebuah topik yang dikemas dalam bentuk visual. Gunakan infografis pada sosial media untuk mendapatkan lebih banyak reach dan engagement.

3. Sosial Media Marketing.

jasa sosial media management

Sosial media marketing merupakan cara mempromosikan sebuah merek bisnis atau konten marketing melalui media sosial untuk meningkatkan brand awareness, mendapatkan pengunjung website, dan mendapatkan leads.

Banyak media sosial yang dapat Anda gunakan, misalnya:

  • Facebook.
  • LinkedIn.
  • Instagram.
  • Snapchat.
  • Pinterest.

Sesuaikan sosial media yang akan Anda gunakan dengan karakter target konsumen Anda. Jika target konsumen Anda adalah anak muda, maka sebaiknya menggunakan instagram atau snapchat.

Jika jenis bisnis Anda adalah B2B maka sebaiknya menggunakan media sosial seperti linkedin, karena pengguna linkedin banyak bekerja di perusahaan, bahkan bekerja sebagai pembuat keputusan di perusahaan tersebut.

4. Iklan Pay Per Klik (PPC).

iklan ppc

Iklan PPC adalah cara mendapatkan pengunjung situs web dengan cara membayar penerbit berdasarkan jumlah klik yang diperoleh. Berikut ini beberapa contoh umum dari iklan PPC:

a. Google Ads.

Jenis PPC paling umum adalah Google Ads yang memungkinkan Anda membayar untuk ditampilkan di posisi teratas di halaman hasil mesin pencari Google.

Harga per klik sangat beragam, tergantung jumlah pencarian kata kunci yang Anda targetkan. Google Ads juga memungkinkan Anda untuk memberikan penawaran harga tertinggi untuk kata kunci tertentu agar iklan Anda tetap muncul di bagian atas.

b. Iklan di Facebook.

Pasti Anda sering melihat iklan di Facebook kan? Biasanya 1 dari 6 postingan di beranda Anda adalah iklan, bahkan kadang lebih. Anda juga dapat menggunakannya untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada konsumen.

Facebook ads memungkinkan pengguna membuat iklan dalam bentuk video, posting gambar, atau tayangan slide. Anda juga dapat menargetkan kepada siapa iklan tersebut ditampilkan.

c. Iklan di Twitter.

Pengguna twitter dapat membuat iklan dalam bentuk postingan atau lencana profil yang akan ditampilkan ke audiens tertentu dan bisa diatur untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan twitter ads bisa untuk mendapatkan pengunjung website, mendapatkan lebih banyak pengikut Twitter, atau bahkan untuk mengunduh aplikasi.

d. Iklan di LinkedIn.

Di Linkedin ads Anda dapat membayar untuk mengirim pesan langsung ke pengguna LinkedIn berdasarkan industri dan latar belakang mereka.

Selain itu Anda juga dapat membuat iklan dalam bentuk postingan video, gambar atau slide untuk ditampilkan kepada pengguna linkedin berdasarkan industri dan latar belakang mereka.

5. Marketing Automation.

marketing automation di digital marketing

Marketing dapat dilakukan secara otomatis menggunakan alat marketing yang sudah dirancang, banyak kegiatan pemasaran berupa tugas berulang yang dapat diselesaikan dengan marketing automation. Berikut ini beberapa contohnya:

a. Otomatisasi Email.

Otomatisasi pada email tidak hanya memungkinkan Anda mengirim email secara otomatis ke pelanggan Anda. Tapi juga dapat merampingkan dan memperluas daftar kontak Anda sesuai kebutuhan pemasaran, sehingga email Anda akan ditujukan kepada orang-orang yang tepat.

b. Postingan Media Sosial Terjadwal.

Jika ingin meningkatkan brand awareness di media sosial maka Anda perlu sering memposting konten yang menarik minat audien. Bayangkan jika Anda harus mempostingnya setiap hari, tentu sangat membosankan ya? Bisa saja Anda lupa.

Untuk mengatasi masalah tersebut jadwalkan postingan media sosial menggunakan Alat yang sudah disediakan, misalnya facebook dan instagram telah menyediakan fitur penjadwalan pada facebook business manager.

Ketika postingan sosial media bisa dijadwalkan maka Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus pada strategi konten.

c. Merubah Prospek Menjadi Pelanggan.

Kadang untuk mendapatkan prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan membutuhkan proses yang panjang dan strategi yang tepat.

Dengan menggunakan bantuan alat marketing, Anda dapat menjalankan proses tersebut secara otomatis dengan mengirimkan email dan konten tertentu kepada prospek setelah memenuhi kriteria tertentu.

Contohnya, saat pengunjung website mendownload dan membuka eBook, maka sistem secara otomatis mengirimkan email diskon produk 10% kepada mereka. Ini hanya contoh sederhana, karena masih banyak lagi hal yang dapat Anda lakukan menggunakan sistem otomatisasi ini.

6. Email Marketing.

email-marketing

Biasanya sebuah perusahaan menggunakan email marketing sebagai cara berkomunikasi dengan audiens mereka. Email marketing bisa berupa promosi konten, diskon, acara, serta mendapatkan trafik pengunjung website.

Jenis email yang biasa dikirim dalam email marketing adalah:

  • Newsletter website atau blog.
  • Email tindak lanjut kepada pengunjung situs web yang mengunduh sesuatu di website perusahaan.
  • Email selamat datang pelanggan.
  • Promosi liburan untuk anggota program loyalitas.
  • Kiat-kiat atau email serupa untuk mengedukasi pelanggan.

7. Public Relation Online.

public relation online digital marketing

Hampir sama dengan public relation pada umumnya, hanya saja publik relation ini berbentuk online. Mendapatkan liputan online yang diperoleh dengan publikasi digital, blog, dan situs web berbasis konten lainnya.

Berikut ini cara untuk memaksimalkan public relation online Anda:

a. Media Nasional.

Menggunakan media nasional adalah cara yang bagus untuk meningkatkan public relation secara online dan menghasilkan leads untuk perusahaan Anda.

b. Review Produk Atau Bisnis Anda.

Saat seseorang memberikan ulasan tentang perusahaan atau produk Anda secara online, maka akan meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. Ulasan yang menarik akan membantu membantu meningkatkan reputasi bisnis Anda.

c. Komentar Menarik di Website atau Media Sosial.

Sama seperti menanggapi ulasan pelanggan tentang perusahaan Anda, menanggapi komentar pengunjung website yang membaca konten Anda adalah cara terbaik untuk menghasilkan percakapan yang produktif.

8. Konten Bersponsor atau Paid Promote.

paid promote digital marketing

Konten bersponsor dapat dilakukan dengan cara membayar perusahaan atau influencer untuk membuat dan mempromosikan konten yang membahas perusahaan, produk atau layanan Anda dengan cara tertentu.

Salah satu jenis konten bersponsor yang populer saat ini adalah menggunakan jasa influencer. Anda dapat bekerjasama dengan influencer untuk mempublikasikan postingan atau video yang berkaitan dengan produk atau jasa Anda di media sosial.

Atau Anda juga bisa menggunakan jasa blogger untuk mendapatkan postingan blog atau artikel yang ditulis untuk menyoroti topik, layanan, atau merek bisnis Anda.

Jenis-Jenis Pekerjaan di Digital Marketing

Orang yang bekerja di digital marketing biasanya disebut dengan digital marketer, tugasnya adalah untuk meningkatkan brand awareness sebuah perusahaan, produk atau jasa dan mendapatkan leads melalui media digital.

Media digital tersebut dapat berupa media sosial, website perusahaan, mesin pencari, email, iklan dan lainnya.

Kinerja digital marketer biasanya diukur menggunakan key performance indicator (KPI) yang berbeda untuk setiap media. Sehingga kinerja promosi menggunakan digital marketing perusahaan dapat diukur dengan akurat di setiap media.

Misalnya seorang digital marketer yang bertanggung jawab atas SEO website perusahaan, mengukur keberhasilan dengan melihat jumlah pengunjung website yang berasal dari pencarian organik.

Pencarian organik yang dimaksud adalah pengunjung situs web yang diperoleh dari hasil pencarian dengan kata kunci tertentu di mesin pencari.

Di perusahaan yang bergerak dalam digital agency seperti SWS Digital Agency, posisi digital marketer dibagi kedalam beberapa spesialis yang masing-masing berfokus pada bidang yang mereka kuasai. Berikut beberapa contoh dari spesialis digital marketer.

1. SEO Engineer.

Tugas SEO engineer adalah melakukan optimasi website dan meningkatkan peringkat website perusahaan di mesin pencari untuk kata kunci yang sudah ditargetkan.

Apa saja yang dikerjakan oleh SEO engineer? Anda bisa membaca artikel Apa Itu SEO dan Jenis-Jenis SEO.

2. Content Writer.

Content writer biasanya bertugas untuk membuat semua konten digital, bekerja menggunakan konten kalender sosial media dan blog perusahaan, serta membuat strategi konten lengkap dengan tujuan yang ingin dicapai melalui konten tersebut.

Posisi ini harus bekerja sama dengan banyak pihak, oleh karena itu content writer harus bisa berkomunikasi dengan departemen lain dan memastikan semua kegiatan promosi perusahaan didukung dengan konten promosi di media yang tepat.

Baca juga: Cara Membuat Copywriting Yang Meningkatkan Penjualan

3. Social Media Analyst.

Social media analyst bertanggung jawab terhadap semua bentuk promosi yang dilakukan oleh perusahaan melalui media sosial.

Tugasnya meliputi beberapa hal seperti menentukan jaringan sosial media yang digunakan untuk kegiatan promosi perusahaan, menyusun konten kalender untuk semua sosial media dan bekerja sama dengan content writer untuk mempersiapkan konten yang dibutuhkan.

Contoh Lowongan Pekerjaan Digital Marketing di Indonesia.

Mungkin sepuluh tahun yang lalu lowongan kerja untuk digital marketing tidak ditemukan di situs-situs lowongan kerja atau surat kabar. Namun saat ini sangat banyak lowongan yang membutuhkan staff digital marketing.

Tidak hanya perusahaan yang bergerak dibidang kreatif yang membutuhkan staff digital marketing, perusahaan besar pun sekarang sudah menggunakan staf digital marketing.

Bahkan kantor-kantor pemerintahan juga sudah memiliki staf yang ditugaskan untuk menjalankan digital marketing seperti mengelola sosial media.

Berikut ini beberapa contoh lowongan kerja digital marketing yang sering muncul di website pencari kerja di Indonesia.

  • Social Media Staff
  • Content Creative
  • Social Media Content Moderator
  • Social Media Specialist
  • Content Writer
  • Digital Marketing Graphic Design
  • Strategic Marketing
  • Chief Marketing Officer
  • Digital Marketing Manager
  • Digital Advertiser
  • Digital Creator
  • Marketing SEO
  • Digital Ads Officer
  • Search Engine Management
  • SEO Specialist
  • Digital Media Analyst
  • Marketing Performance Ads
  • Digital Sales
  • ADS Optimizer
  • Campaign Marketing

Digital marketing membuat banyak jabatan-jabatan baru bermunculan, mungkin 10 tahun yang lalu kita belum pernah mendengarnya, tapi sekarang sudah terdengar biasa. Hal ini bisa terjadi karena sudah banyak perusahaan yang merasakan manfaat dari digital marketing.

Manfaat Digital Marketing Untuk Perusahaan?

Marketing tradisional seperti iklan cetak, komunikasi telepon, atau baliho tetap masih dibutuhkan untuk promosi perusahaan. Tapi tidak akan cukup jika hanya mengandalkan itu saja.

Dibutuhkan kombinasi yang sesuai antara digital marketing dan marketing tradisional, sehingga peluang untuk mendapatkan pelanggan potensial semakin besar.

Untuk brand awareness, digital marketing menjadi pilihan yang lebih tepat untuk perusahaan Anda, karena dengan digital marketing Anda akan mendapat jangkauan yang lebih luas.

Buat website untuk perusahaan Anda dan optimasi SEO untuk mendapatkan posisi di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari. Atau bisa juga membuat akun sosial media dan mengisinya dengan konten-konten yang berkualitas.

Digital marketing memberikan pilihan kepada Anda untuk memilih jenis digital marketing yang sesuai dengan bisnis dan target pelanggan Anda. Lakukan digital marketing menggunakan beberapa media, pelajari hasilnya dan pilih media yang paling efektif untuk bisnis Anda.

Setelah Anda mendapatkan media yang paling efektif, kombinasikan digital marketing dengan marketing tradisional, maka dijamin Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Menyesuaikan Strategy Digital Marketing Dengan Kebutuhan Bisnis Anda

Digital marketing bermanfaat untuk semua jenis bisnis di semua industri. Terlepas dari jenis produk atau jasa yang Anda jual, digital marketing mampu meningkatkan penjualan perusahaan Anda dengan biaya promosi yang lebih rendah.

Namun tidak berarti semua bisnis harus menerapkan strategi digital marketing dengan cara yang sama, Anda harus menyesuaikannya dengan jenis bisnis Anda dan target pasar.

Berikut ini kami akan memberikan contoh menyesuaikan strategi digital marketing dengan jenis perusahaan:

1. Digital Marketing Untuk Perusahaan B2B.

Jika perusahaan Anda termasuk kedalam bisnis-ke-bisnis (B2B), promosi digital marketing Anda akan bertujuan untuk mendapatkan leads potensial secara online, dengan tujuan akhir agar leads potensial tersebut menghubungi sales di perusahaan Anda.

Jadi strategi pemasaran Anda adalah mendapatkan dan mengonversi leads yang paling potensial untuk tim penjualan Anda melalui website dan media digital lainnya.

Selain menggunakan website Anda juga bisa menggunakan sosial media yang lebih berfokus pada bisnis seperti LinkedIn, dimana pengguna Linkedin kebanyakan dari kaum profesional yang bekerja di perusahaan.

Banyak dari mereka berperan sebagai pengambil keputusan di perusahaan tempat mereka bekerja, jadi kesempatan untuk mendapatkan leads yang potensial akan semakin besar.

2. Digital Marketing Untuk Perusahaan B2C.

Jika perusahaan Anda adalah bisnis-ke-konsumen (B2C), tujuan dari promosi digital marketing adalah untuk meningkatkan pengunjung website dan membuat mereka membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Strategi marketing lebih berfokus pada menemukan cara yang paling baik untuk mengarahkan pengunjung website melakukan pembelian.

Dibutuhkan copywriting yang baik pada halaman produk ataupun landing page untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi.

Media sosial seperti facebook dan instagram cocok digunakan untuk bisnis B2C, buat konten yang berkualitas untuk mendapatkan leads dan kombinasikan dengan landing page untuk mengubahnya menjadi pelanggan.

3. Gunakan Teknik Marketing Funnel.

Konten juga harus disesuaikan dengan audiens Anda. Secara umum audien dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap awareness, consideration dan conversion.

Kita tidak bisa membuat konten yang sama untuk semua tahap tersebut, gaya penulisannya juga berbeda. Berikut ini tiga tahap dalam marketing funnel.

a. Tahap Ingin Tahu (awareness).

Pada tahap ini Anda membuat konten marketing kepada audien yang sedang mencari tahu tentang sebuah topik. Bahas topik yang berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan bahasa yang deskriptif dan informatif.

Konten marketing dapat berupa:

  • Konten Blog Website
    Buat artikel lengkap tentang sebuah topik yang berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan untuk mendatangkan pengunjung website dari mesin pencari.
  • Infografis.
    Buat konten media sosial dalam bentuk infografis, tampilkan data-data dengan konten visual yang menarik minat mereka.
  • Video Pendek.
    Kadang tulisan saja menang tidak cukup!
    Buat video pendek untuk menambah wawasan audien Anda tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

b. Tahap Mempertimbangkan.

Pada tahap ini Anda membuat konten untuk audien yang sudah mengerti tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, tapi mereka sedang mempertimbangkan apakah membeli produk Anda atau produk kompetitor Anda.

Konten marketing dapat berupa:

  • Ebook.
    Ebook sangat bagus untuk mendatangkan leads, karena biasanya lebih komprehensif daripada artikel atau infografis, seseorang akan mau memberikan informasi kontak mereka untuk mendapatkan ebook Anda.
  • Laporan penelitian.
    Laporan penelitian adalah konten bernilai tinggi dan bagus untuk mendapatkan leads. Laporan penelitian dan data baru untuk industri Anda juga dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness, karena biasanya akan diambil oleh media atau pers untuk diliput.
  • Webinar.
    Webinar merupakan bentuk konten video yang lebih detail dan interaktif, webinar adalah format konten tahap pertimbangan yang efektif karena mampu menjawab keraguan konsumen untuk membeli produk Anda.

c. Tahap Keputusan.

Pada tahap ini Anda membuat konten kepada audien yang ingin membeli produk atau layanan Anda, dibutuhkan kemampuan copywriting yang bagus untuk meyakinkan mereka.

Konten marketing dapat berupa:

  • Studi kasus.
    Memiliki studi kasus terperinci di situs web Anda dapat menjadi bentuk konten yang efektif bagi mereka yang siap melakukan pembelian, karena akan mempengaruhi keputusan mereka.
  • Testimonial.
    Jika studi kasus tidak cocok untuk bisnis Anda, memiliki testimoni singkat di sekitar situs web atau media sosial adalah alternatif yang baik.

Keuntungan Menggunakan Jasa Digital Marketing Agency.

Jika Anda ingin mempromosikan merek bisnis secara online, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Apakah menggunakan jasa digital marketing agency atau merekrut karyawan digital marketing atau melakukannya sendiri.

Hal ini dapat disesuaikan dengan keadaan bisnis Anda dan hasil yang ingin Anda dapatkan. Jika budget Anda terbatas, maka dapat melakukannya sendiri.

Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka pilihannya merekrut karyawan atau menggunakan jasa digital Agency.

Berikut ini akan kami bahas keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan digital marketing agency untuk mempromosikan merek bisnis Anda.

1. Anda Bisa Fokus Mengurus Value Utama Bisnis Anda.

Marketing sebagus apapun tidak akan berarti jika produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak memiliki value yang kuat, maka dari itu sebagai pemilik bisnis Anda harus benar-benar fokus dengan value utama bisnis Anda, yaitu membuat produk atau layanan yang luar biasa.

Akan kurang efektif jika Anda harus membagi fokus antara marketing dan produk, meskipun Anda memiliki tim yang melakukannya. Karena pada akhirnya Anda akan mengorbankan value utama bisnis Anda untuk menciptakan produk atau layanan yang berkualitas.

Prioritaskan mengurus core bisnis Anda agar bisa menghasilkan produk atau layanan yang menjawab kebutuhan customer. SWS Digital Agency dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut dan menyesuaikan strategi digital marketing yang tepat untuk produk dan layanan Anda..

2. Digital Marketing Dijalankan Dengan Profesional.

Digital marketing adalah hal yang kompleks, oleh karena itu bantuan agensi digital marketing sangat diperlukan. Setiap agensi pasti memiliki tim yang memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai dunia digital marketing, baik dari segi branding, SEO, media sosial dan yang lainnya.

Walaupun Anda memahami dengan baik tentang digital marketing, kedepannya Anda tidak akan bisa fokus, karena harus mengurus value produk Anda.

Di awal mungkin Anda semangat melakukan semuanya, namun di tengah jalan Anda akan sadar waktu, perhatian, dan tenaga Anda terbatas dan tidak mungkin melakukan segalanya sendiri.

Oleh karena itu Anda membutuhkan tim yang profesional dan berpengalaman untuk membantu Anda melakukan digital marketing dengan strategi yang tepat.

3. Budget Lebih Hemat.

Agensi Digital Marketing akan merencanakan anggaran yang tepat untuk menjalankan digital marketing untuk bisnis Anda serta target yang akan dicapai.

Menggunakan jasa digital agency yang profesional akan membantu Anda menghindari kesalahan-kesalahan dan pengeluaran yang sia-sia.

Pengalaman bertahun-tahun yang dimiliki digital agency mampu menekan budget biaya marketing perusahaan Anda dan memberikan hasil yang maksimal.

4. Marketing Yang Lebih Efektif.

Agensi digital marketing akan berfokus pada sisi marketing, sedangkan Anda bisa berfokus pada value produk atau jasa yang akan dijual.

Kombinasi ini akan menghasilkan marketing yang efektif, karena Anda sebagai pemilik bisnis betul-betul mempersiapkan produk atau jasa yang terbaik untuk customer dan digital agensi dapat mempromosikannya dengan konten marketing yang kreatif.

Hasilnya produk atau jasa Anda tidak hanya sekedar terlihat meyakinkan, namun pelanggan juga merasakan manfaat yang sesuai.

5. Meningkatkan Keuntungan.

Dengan biaya marketing yang efektif dan mendapatkan penjualan yang lebih besar akan menghasilkan profit untuk bisnis Anda dalam jangka panjang.

Biasanya digital agensi akan memberikan laporan kinerja marketing setiap bulan, sehingga Anda mengetahui bagaimana perkembangan bisnis Anda. Dari laporan tersebut Anda akan mengerti apakah bisnis Anda membutuhkan digital agency atau tidak.

Anda bisa menghubungi SWS Digital Agensi untuk berkonsultasi atau bertanya mengenai strategi marketing yang tepat untuk bisnis Anda, tim profesional kami akan senang membantu Anda.

Jika Anda ingin mencoba melakukannya sendiri, teruskan membaca artikel ini.

Bagaimana Cara Melakukan Digital Marketing?

1. Tentukan Tujuan Yang Ingin Anda Capai.

Jika digital marketing adalah hal yang baru bagi Anda, penting untuk memulainya dengan mengidentifikasi dan menentukan tujuan Anda, karena Anda akan menyusun strategi berdasarkan tujuan tersebut.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan brand awareness, maka strateginya adalah menjangkau audiens baru melalui media sosial.

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan pada produk tertentu maka sebaiknya Anda fokus pada SEO dan copywriting untuk mendapatkan pengunjung website yang melakukan pembelian di situs web Anda.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan iklan PPC untuk mendapatkan pengunjung website dan mengarahkannya ke landing page website Anda.

2. Tentukan Target Pasar Anda.

Salah satu manfaat terbesar digital marketing adalah Anda dapat menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan target pasar Anda.

Namun hal itu tidak akan dapat dilakukan jika Anda belum menentukan target pasar Anda dan karakter yang mereka miliki. Jadi yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar Anda terlebih dahulu.

3. Tentukan Anggaran Untuk Semua Media.

Jika Anda ingin berfokus pada inbound marketing seperti SEO, media sosial, dan pembuatan konten untuk situs web, Anda tidak memerlukan anggaran yang tinggi.

Karena fokus utama inbound marketing adalah menghasilkan konten berkualitas tinggi untuk menarik minat audiens Anda.

Namun jika Anda berfokus pada teknik outbound marketing seperti iklan di media online membeli database email, Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar.

4. Seimbangkan Antara Strategi Berbayar dan Gratis.

Dalam digital marketing Anda bisa menggunakan strategi yang tidak membutuhkan biaya, namun Anda juga bisa menggunakan strategi yang berbayar agar kegiatan promosi perusahaan Anda berjalan dengan efektif.

Misalnya, jika Anda ingin membangun persona pembeli yang komprehensif dengan mengidentifikasi kebutuhan audiens Anda, maka dibutuhkan konten untuk mendapat data dan konversinya.

Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, bisa sampai enam bulan untuk mendapatkan hasilnya. Dengan iklan berbayar Anda mungkin bisa mencapainya dalam waktu satu bulan.

Silahkan coba keduanya dan bandingkan hasil yang Anda peroleh, dalam waktu beberapa bulan Anda akan menemukan keseimbangannya.

5. Buat Konten Marketing Yang Menarik.

Setelah mengenal karakteristik audien Anda dan sudah menentukan anggaran, lanjutkan dengan membuat konten untuk dibagikan di media yang Anda gunakan.

Bisa berupa postingan media sosial, postingan blog, iklan PPC, konten bersponsor, newsletter, dan banyak lagi.

Konten apapun yang Anda buat harus menarik dan sesuai dengan karakter audiens Anda, karena inti dari konten pemasaran adalah untuk meningkatkan brand awareness dan mendapatkan leads.

6. Utamakan Pengguna Mobile.

Faktor lain yang harus diperhatikan dari digital marketing adalah pengguna seluler. Jumlah pengguna smartphone sekitar 69% dari jumlah pengguna internet saat ini, pengguna smartphone juga menghabiskan lebih banyak waktu di internet dibanding pengguna desktop.

Oleh karena itu sangat penting menyesuaikan iklan digital, halaman web, gambar media sosial, dan aset digital Anda lainnya untuk perangkat seluler.

Jika perusahaan Anda memiliki aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna membeli produk atau layanan Anda, aplikasi tersebut juga berada di dalam scope digital marketing.

Ada banyak cara untuk menyesuaikan aset digital marketing Anda untuk pengguna seluler, hal ini harus Anda lakukan agar pengguna seluler juga memiliki pengalaman yang sama dengan pengguna desktop saat mengakses konten marketing Anda.

7. Rencanakan Target Kata Kunci.

Digital marketing selalu berbicara tentang menjangkau audiens yang ditargetkan melalui konten yang sudah dipersiapkan. Namun semuanya tidak akan berjalan lancar tanpa perencanaan kata kunci yang yang matang.

Merencanakan target kata kunci sangat penting untuk mengoptimalkan konten pada situs web untuk SEO dan memastikan orang dapat menemukan website Anda di hasil pencarian dengan kata kunci tersebut.

Coba rencanakan daftar kata kunci yang memiliki jumlah pencarian yang tinggi dan berkaitan dengan produk atau layanan Anda, pertimbang untuk menggunakan kata kunci long tail untuk mendapatkan peluang yang lebih besar.

Alat Yang Digunakan Dalam Digital Marketing.

Digital marketing akan lebih mudah dilakukan jika didukung oleh alat atau software yang dapat membantu Anda. Sangat banyak alat yang tersedia bahkan dapat digunakan secara gratis, berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa alat yang umum digunakan oleh digital marketer.

1. Mailchimp Untuk Email Marketing.

mailchimp digital marketing

Email marketing sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pelanggan Anda. Mulailah mengumpulkan database email pelanggan atau calon pelanggan Anda untuk pemasaran menggunakan email.

Dengan lebih dari 12 juta pengguna MailChimp merupakan salah satu penyedia email marketing dan alat digital marketing terbaik di dunia.

Anda dapat menggunakan mailchimp secara gratis hingga 2.000 kontak pelanggan. Anda dapat memulai dengan MailChimp versi gratis terlebih dahulu. Jika Anda sudah terbiasa dengan email marketing dan memiliki email pelanggan lebih dari 2000 maka Anda bisa meng upgradenya ke layanan berbayar.

2. Google Analytics Untuk Melihat Trafik Website.

penggunaan google analytic pada digital marketing

Anda perlu memantau dan menganalisis perkembangan pengunjung website atau blog. Karena jumlah pengunjung dan konversi sangat penting untuk diketahui.

Alat yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan data tersebut adalah Google Analytics. Alat yang disediakan oleh google secara gratis dapat menampilkan data secara lengkap, Anda bahkan juga bisa membuat goal untuk menghitung konversi yang diperoleh dari sebuah kampanye marketing.

3. Google Search Console.

search-console digital marketing

Orang yang bekerja sebagai SEO analyst akan membutuhkan alat untuk memantau perkembangan website di mesin pencari.

Halaman mana saja yang sudah di crawl oleh google, apakah ada masalah jika diakses menggunakan smartphone, posisi website di mesin pencari berdasarkan kata kunci dan lain sebagainya.

Google Search Console adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk membantu Anda mempertahankan dan memecahkan masalah situs di mesin pencari Google.

Alat ini juga akan memberitahukan Anda jika Google menemukan masalah dalam pengindeksan, spam, atau masalah lainnya.

4. Hootsuite Untuk Mengelola Sosial Media.

hootsuite digital marketing

Sosial media bisnis kita tak boleh luput dari perhatian, apalagi bisnis Anda memiliki akun di beberapa platform sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lainnya.

Untuk memudahkan Anda mengelola postingan dan membalas komentar di sosial media, Anda bisa menggunakan Hootsuite untuk mengelola beberapa akun sosial media dalam satu halaman.

Banyak fitur yang disediakan untuk memudahkan Anda seperti, penjadwalan postingan, melihat laporan dan membalas komentar di semua sosial media Anda.

5. Facebook Ads Untuk Beriklan di Facebook.

facebook ads digital marketing

Facebook Ads menjadi salah satu fitur iklan Facebook yang banyak digunakan oleh digital marketer saat ini. Facebook Ads memungkinkan kita menarget audience Facebook yang sesuai dengan kriteria target market produk kita.

Penargetan audience dapat dipilih berdasarkan demografis, lokasi, minat (interest), dan perilaku (behaviours). Ketika beriklan dengan facebook ads, kita juga bisa sekali gus menampilkan iklan kita di Instagram.

6. Twitter Ads Untuk Beriklan di Twitter.

twitter ads digital marketing

Tak hanya Facebook Ads, fitur periklanan sosial media yang banyak peminatnya adalah Twitter Ads. Fitur iklan yang disediakan Twitter ini menawarkan beberapa opsi seperti Promoted Tweets, Promoted Accounts, dan Promoted Trends.

Bahkan Twitter juga menawarkan iklan dengan format website cards yang digunakan untuk mendapatkan trafik ke website kita dari twitter dan ajakan untuk menginstall aplikasi.

7. Google Adwords Untuk Beriklan di Google.

google adwords digital marketing

Google Adwords adalah fitur untuk menampilkan iklan berbayar (PPC) di hasil pencarian Google. Melalui layanan ini Anda bisa menampilkan iklan Anda di hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis Anda.

Google Adwords juga menjadi salah satu strategi pemasaran periklanan yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai media beriklan, yang biasa disebut juga Search Engine Marketing (SEM).

8. Canva Untuk Desain Konten.

canva untuk digital marketing

Salah satu kunci strategi digital marketing adalah membuat konten yang menarik. Untuk mendapatkan hal tersebut Canva bisa membantu Anda membuat konten yang lebih menarik dengan menggunakan kombinasi grafik, gambar, dan infografis melalui template yang tersedia.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan meskipun Anda tidak memiliki kemampuan dalam design graphics.

Kursus Digital Marketing Bersertifikat Gratis.

1. Kursus Digital Marketing Google Digital Garage.

Google Digital Garage adalah kursus digital marketing online gratis yang disediakan oleh Google untuk mereka yang ingin meningkatkan pengetahuan digital marketing tanpa harus membayar.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan di bidang digital marketing, ada 26 modul yang bisa diikuti di kelas Fundamental of Digital Marketing dalam Google Digital Garage yang terakreditasi oleh The Open University dan Interactive Advertising Bureau Europe.

Silahkan pilih topik yang ingin Anda pelajari atau selesaikan seluruh modul yang ada untuk mendapatkan sertifikasi di akhir kursus online. Kursus digital marketing online ini cocok untuk pemula yang ingin belajar digital marketing.

2. Kursus Digital Marketing Facebook Blueprint.

Facebook Blueprint merupakan tempat yang tepat untuk mempelajari dan mengikuti perkembangan Facebook dalam dunia digital marketing. Kursus ini juga diperbarui secara berkala ketika ada fitur atau perubahan baru pada Facebook.

Facebook Blueprint menawarkan lebih dari 90 kursus dalam berbagai topik seperti memulai advertising, mengukur ad performance, mengatur ads, meningkatkan penjualan online, media buying, cara menghasilkan leads, dan lainnya.

3. Kursus Digital Marketing HubSpot Academy.

HubSpot Academy juga menyediakan kursus online digital marketing yang gratis, disini Anda bisa mengasah kemampuan khususnya dalam hal inbound marketing.

Inbound marketing adalah teknik marketing yang digunakan untuk menarik pelanggan melalui konten marketing, sosial media marketing, SEO dan branding.

Kursus ini terdiri dari 11 modul yang terdiri dari format video dan teks, durasi pembelajaran selama 4,5 jam. Setelah selesai menyelesaikan kursus online, Anda akan mendapatkan sertifikasi dari HubSpot.

Selain kelas inbound marketing, Anda juga dapat menemukan kelas digital marketing yang berbeda di HubSpot Academy.

4. Kursus Digital Marketing Google Analytics Academy.

Untuk menjadi digital marketer yang handal, Anda harus memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan Google Analytics.

Karena Google Analytics adalah tools yang penting untuk menampilkan data yang Anda butuhkan dalam strategi marketing dan pengembangan bisnis.

Untungnya, Anda bisa mengasah kemampuan menggunakan alat Google Analytics dengan mengikuti Google Analytics Academy.

Selain menjadi pilihan kursus online digital marketing yang gratis, kelebihan dari Google Analytics Academy lainnya adalah Anda dapat memilih tipe kurus berdasarkan level kemampuan mulai dari pemula hingga pengguna aktif.

Setelah mengikuti Google Analytics Academy Anda bisa mempersiapkan diri untuk selanjutnya mengambil Google Analytics Certification untuk mendapatkan sertifikat.

5. Kursus Digital Marketing di Udemy.

Udemy adalah salah satu platform kursus bersertifikat terbesar di dunia. Jika Anda sudah terbiasa mengikuti kursus online di platform Udemy, maka mengikuti kelas yang satu ini bisa jadi pilihan tepat untuk meningkatkan kemampuan digital marketing.

Kursus online digital marketing “The Complete Digital Marketing” yang dirancang oleh Rob Percival dan Daragh Walsh ini akan membantu Anda menguasai berbagai konsep dalam digital marketing.

Mulai dari Google Adwords (PPC), Social Media Marketing, Email Marketing, Google Analytics, SEO, dan masih banyak lagi. Anda juga dapat mempelajari hal lain seperti fundamental marketing, riset pasar hingga copywriting.

Kumpulan Ebook Digital Marketing

Anda juga dapat mempelajari digital marketing dengan cara membaca ebook-ebook yang membahas digital marketing dengan lengkap. Berikut ini beberapa ebook digital marketing yang kami rekomendasikan untuk Anda baca:

1. Big Book of Digital Marketing.
2. Fifty Shades of Digital Marketing.
3. Understanding Digital Marketing – Marketing Strategies For Engaging the Digital Generation.
4. A step-by-step Guide to Modern Digital Marketing.
5. Digital Marketing Strategy
6. eMarketing The Essential Guide to Marketing in a digital world
7. SEO Book – A new chapter every day
8. The Small Business Online Marketing Guide

Jika Anda belum memiliki ebook digital marketing diatas, silahkan kirimkan alamat email Anda melalui whatsapp. Admin kami akan segera mengirimkan ebook diatas untuk Anda.

Tokoh Yang Sukses Menjalankan Digital Marketing.

Banyak tokoh yang sukses saat menerapkan digital marketing, produk dan jasa yang mereka tawarkan laris di pasaran.

Berikut ini beberapa tokoh yang sukses menjalankan usahanya menggunakan digital marketing:

1. Neil Patel.

Neil Patel adalah seorang full time blogger, affiliate, pengusaha, investor, pakar SEO, pemilik UberSuggest, CrazyEgg dan QuickSprout.

Seorang pakar internet marketing yang sukses menekuni industri digital marketing, di umurnya yang masih berkepala tiga dia telah berhasil menciptakan multi dollar dari berbagai perusahaannya.

2. Jon Loomer.

Jon Loomer adalah pelatih, penulis, pembicara, dan ahli strategi pemasaran Facebook. Dia menjadi pengguna awal Facebook untuk tujuan bisnis saat bekerja untuk National Basketball Association pada 2007.

3. Seith Godin.

Seth Godin adalah penulis 18 buku yang telah menjadi buku terlaris di seluruh dunia dan telah diterjemahkan ke lebih dari 35 bahasa.

Dia menulis tentang revolusi pasca-industri, cara ide menyebar, pemasaran, pengunduran diri, kepemimpinan, dan yang terpenting, mengubah segalanya.

4. Jon Morrow.

Dia adalah nama panggilan di dunia blogging, Jon Morrow adalah blogger yang sangat sukses yang menawarkan nasihat blogging kehidupan nyata dan dapat ditindaklanjuti untuk pemula.

Pendekatannya untuk memulai blog berbeda dari kebanyakan orang lain. Itulah bagian yang membuat tekniknya begitu menarik dan efektif.

5. Darren Rowse.

Darren Rowse dikenal online sebagai Problogger adalah seorang blogger Australia, pembicara, konsultan dan pendiri beberapa blog dan jaringan blog, termasuk ProBlogger.net dan digital-photography-school.com.

6. Guy Kawasaki.

Guy Kawasaki adalah seorang kapitalis ventura, wirausahawan, mantan pegawai Apple dan merupakan seorang “Apple Fellow” yaitu karyawan-karyawan Apple yang telah memberikan kontribusi besar.

7. Ramit Sethi.

Ramit Singh Sethi adalah penasihat dan pengusaha keuangan pribadi di Amerika. Sethi adalah penulis Best Seller New York Times 2009 “I Will Teach You to Be Rich”. Dia juga merupakan pendiri GrowthLab.com, pemilik IWillTeachYouToBeRich.com, dan pemilik serta salah satu pendiri PBworks.

SWS Digital Agency menyediakan jasa digital marketing yang berfokus meningkatkan pertumbuhan perusahaan Anda dan meningkatkan penjualan dengan biaya marketing yang efisien.

Tim kami akan membantu memecahkan masalah Anda, mencari solusi yang tepat dan mendampingi Anda hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Hubungi kami melalui halaman kontak dan kunjungi halaman facebook, instagram dan linkedIn kami untuk mendapatkan informasi dan promo terbaru.

Creative Digital Agency

Layanan & Jasa

Kami memberikan layanan terbaik untuk setiap client kami, dengan harapan bisnis mereka dapat berkembang dan meningkatkan omset penjualan melalui digital marketing.

Tidak semua bisnis dapat di kembangkan dengan metode yang sama, ada perbedaan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan tim kreatif yang dapat menemukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan website di batam

Jasa SEO Halaman Pertama

jasa seo di batam

Sosial Media Marketing

jasa sosial media management

Server & Cloud Management

jasa server di batam

Jasa Brand Design

jasa brand design di batam

Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis di batam

Jasa Design Digital Product

jasa design digital product

Foto & Video Production

jasa foto dan video di batam

Percetakan Digital Printing

percetakan digital printing di batam

Percetakan Offset Printing

operator offset printing di batam

Privacy Preference Center