Pengertian Search Engine Optimization (SEO)
SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha untuk meningkatkan visitor atau pengunjung web secara kuantitas dan kualitas. Ada beberapa jenis SEO yang dapat digunakan berdasarkan kebutuhan Anda.
Ketika melakukan optimasi mesin pencari banyak banyak hal yang harus dilakukan, seperti analisa kompetitor, optimasi meta, schema markup dan yang lainnya. Hal ini harus disesuaikan dengan jenis SEO yang ingin dilakukan.
Jenis-Jenis SEO
Banyak orang berpikir melakukan optimasi mesin pencari itu mudah. Ketika mereka membaca sebuah artikel tentang cara meningkatkan pengunjung website, mereka pikir itu adalah SEO secara keseluruhan.
Misalnya artikel tentang teknik menempatkan kata kunci pada sebuah artikel, ketika diimplementasikan belum tentu bisa menempatkan website di halaman pertama google.
Memang itu adalah teknik SEO, namun hanya salah satu bagian yang spesifik. Kenyataannya search engine optimization itu sangat luas, banyak faktor yang harus dioptimasi untuk mendapatkan posisi website di halaman pertama.
Tidak bisa mengandalkan satu faktor SEO saja untuk mendapatkan banyak pengunjung website, tetapi harus melakukan optimasi mesin pencari di beberapa faktor.
Kami akan membagikan beberapa teknik SEO yang dapat dilakukan untuk meningkatkan posisi website di mesin pencari. Walaupun Anda tidak akan menggunakan semuanya, tapi paling tidak Anda memiliki pemahaman yang baik tentang teknik-teknik SEO tersebut.
1. On-page SEO (Jenis SEO Halaman)
Ini adalah jenis SEO yang paling banyak digunakan, mungkin saja Anda juga sedang melakukannya. SEO On-page adalah optimasi mesin pencari yang dilakukan pada halaman website, sepeti meta title, meta description, structured data, konten dan lainnya. Intinya optimasi semua hal yang dapat dilihat oleh pembaca ketika mengunjungi website.
Hal yang paling penting dalam On-page SEO adalah konten yang informatif dan berkualitas tinggi. Ingat, tidak cukup hanya informatif, tapi harus berkualitas tinggi. Artinya konten harus lebih berkualitas dan dapat memecahkan masalah pembaca lebih dari konten halaman website lainnya.
Konten yang dibagikan harus lebih baik dibanding jutaan konten lainnya. Ketika konten Anda membahas suatu topik secara terperinci, lengkap dan jelas, maka konten website lain akan sulit bersaing. Halaman website Anda akan ditempatkan di halaman pertama hasil pencarian google dan mendapatkan lebih banyak pengunjung website.
Ketika membuat konten ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, seperti penempatan target kata kunci. Cari kata kunci apa saja yang terdapat pada topik yang Anda bahas dan tempatkan kata kunci tersebut pada konten. Jangan hanya berfokus pada salah satu kata kunci saja, tapi gunakan juga kata kunci sinonim atau sejenis.
Letakkan target kata kunci target pada pada tempat yang seharusnya, seperti pada,
- Judul halaman
- Heading 1
- Heading 2
- Heading 3
- Paragraf pertama
Ingat, jangan berfokus pada salah satu kata kunci saja, gunakan kata kunci sinonim atau kata kunci sejenis. Karena google memberikan peringkat tidak berdasarkan kata kunci lagi, melainkan berdasarkan topik.
Memiliki halaman website dengan navigasi yang baik juga menjadi salah satu faktor penting dalam optimasi mesin pencari. Semakin banyak halaman yang dibuka oleh pengguna, maka semakin baik untuk SEO. Atur navigasi pada website Anda agar memudahkan pengunjung website mengakses informasi lain di halaman lainnya.
Jika persaingan SEO pada industri Anda tidak terlalu sulit, On-page SEO saja sebenarnya sudah cukup untuk menempatkan posisi website di halaman pertama mesin pencari. Tapi untuk menjamin dan mempertahankan posisi website, lakukan teknik SEO lainnya.
2. Technical SEO
Jenis SEO ini mirip dengan On-page SEO yang sudah kita bahas sebelumnya, bahkan banyak orang yang menganggapnya sama. Memang optimasi technical SEO masih dilakukan pada halaman website, tetapi lebih kepada hal-hal dibagian belakang. Lebih kepada hal-hal yang tidak bisa dilihat namun pengguna dapat merasakan manfaatnya.
Misalnya masalah kecepatan website, kecepatan website menjadi salah satu faktor yang penting dalam SEO. Usahakan website dapat diakses dalam waktu kurang dari 6 detik.
Silahkan baca cara meningkatkan kecepatan website di artikel yang sudah kami bagikan sebelumnya.
Semakin cepat website Anda maka semakin besar peluang mendapatkan trafik pengunjung website yang lebih banyak. Namun jika loading time website Anda lebih dari 6 detik maka kemungkinan akan mendapatkan bounce rate yang tinggi. Hal ini tidak baik untuk SEO.
SLL juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan, karena berpengaruh terhadap keamanan data website. Ketika sebuah website menggunakan SSL (https) maka komunikasi data antara pengguna dan server sudah terenkripsi. Sehingga memberikan signal ke google bahwa website tersebut aman lalu lintas datanya.
Selanjutnya adalah schema markup atau structured data, namun sebelum kita membahas hal ini saya akan menjelaskan dulu secara singkat bagaimana mesin pencari Google bekerja.
- Google mengirimkan googlebot ke website Anda.
- Googlebot menelusuri halaman website dan seluruh informasi yang ada di halaman website Anda.
- Google menyimpan informasi tersebut di database mereka.
- Google brain menganalisa informasi halaman website Ada, menempatkannya pada topik yang tepat dan mengurutkannya berdasarkan algoritma perangkingan google.
- Ketika ada pencarian dengan kata kunci yang sesuai dengan topik yang Anda bahas, maka google menampilkan website Anda berdasarkan ranking yang diperoleh.
Schema markup dibutuhkan pada poin 2 diatas. Ketika Googlebot menelusuri website maka schema markup akan menjelaskan kepada Googlebot apa informasi yang terdapat di halaman tersebut. Sehingga memudahkan Googlebot untuk memahaminya, website Anda juga akan ditampilkan pada pencarian dengan kata kunci yang tepat.
Sesuai dengan namanya SEO technical memang membutuhkan keahlian yang lebih tinggi dibandingkan On-page SEO. Namun jika Anda menggunakan wordpress, Anda dapat menggunakan plugin. Banyak tersedia plugin untuk technical SEO yang gratis hingga berbayar.
3. Off-page SEO (Jenis SEO Luar Halaman)
Off-page SEO adalah melakukan optimasi mesin pencari dari luar halaman website. Seperti link building untuk meningkatkan backlink ke halaman website. Pertanyaannya apa itu backlink. Kami sudah membahasnya di tulisan sebelumnya, silahkan baca di artikel berikut ini.
Mengenal Backlink dan Jenis-jenis Backlink..
Backlink adalah link dari website lain yang ditujukan ke website Anda. Ketika seseorang membuat link di halaman websitenya dan mengarahkannya ke website Anda, itu akan memberikan sinyal kepada google bahwa dia menghargai konten tersebut.
Semakin banyak website yang mereferensikan halaman website Anda maka akan meningkatkan page authority dan domain authority. Hal ini sangat mempengaruhi posisi website di mesin pencari.
Memang mendapatkan backlink organik itu susah. Namun jika Anda sudah melakukan On-page SEO, membuat konten yang berkualitas tinggi dan menyelesaikan masalah banyak orang. Lambat laun halaman website Anda akan mendapatkan banyak backlink tanpa disadari.
Manajemen sosial media yang dilakukan dengan baik merupakan salah satu teknik Off-page SEO. Ketika sebuah konten dibicarakan oleh banyak orang di sosial media, maka mesin pencari akan mengartikannya sebagai konten yang layak dan membantu banyak orang.
Menyisipkan tautan website pada postingan sosial media juga membantu meningkatkan pengunjung website. Semakin banyak pengunjung unik sebuah website juga menjadi sinyal yang baik untuk mesin pencari.
Mungkin Anda sedang berpikir, ini teknik SEO juga ya?
Karena selama ini Anda terlalu fokus pada seo On-page sehingga faktor-faktor dari luar yang bisa meningkatkan optimasi mesin pencari jadi terlupakan.
4. Local SEO (Jenis SEO Lokal)
Jika bisnis Anda melakukan penjualan di toko fisik, jenis lokal SEO sangat penting. Karena tujuan utama local SEO adalah agar toko anda mudah ditemukan oleh pelanggan di sekitar melalui google maps atau google pencarian.
Agar mudah ditemukan, Anda harus mendaftarkan atau mengklaim (jika sudah terdaftar otomatis) bisnis Anda di google mybusiness. Hal ini hanya membutuhkan akun google dan verifikasi melalui pos atau telepon.
Setelah mendapatkan hak pengelolaan, mulailah mengoptimasi bisnis Anda dengan baik di google mybusiness. Seperti,
- Pastikan alamatnya benar.
- Pastikan nomor telepon benar.
- Atur jam jam operasional.
- Upload beberapa foto toko Anda seperti, tampak luar, interior, logo dan gambar produk.
- Tambahkan produk atau layanan yang tersedia.
- Bagikan link bisnis Anda kepada pelanggan untuk mendapatkan ulasan.
- Atur deskripsi bisnis Anda dengan baik.
- Jika bisnis Anda memiliki website maka hubungkan dengan lokasi Anda.
- Post artikel secara berkala
- Post promo atau diskon
Saat mengisi keterangan di atas sisipkan kata kunci yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Sehingga ketika Googlebot menelusuri nya, informasi lokasi Anda akan disimpan dengan topik yang tepat. Jika Anda melakukan optimasi local SEO dengan baik maka lokasi toko Anda akan ditampilkan pada pencarian dengan kata kunci yang tepat.
5. App Store Optimization
Algoritma pencarian tidak hanya dimiliki oleh google dan bing, memang mereka lah yang memulainya. Algoritma pencarian juga dimiliki oleh sosial media, marketplace bahkan website Anda. Perbedaannya adalah scope database data yang dicari.
Pencarian sosial media hanya mencari data yang terdapat di sosial media tersebut, marketplace dan website Anda juga sama. Ketika pengguna mencari sesuatu di website Anda maka algoritma pencarian website hanya mencari di database website Anda saja.
Algoritma pencarian di Play Store juga hanya akan menampilkan hasil dari pencarian di database play store saja. Jadi perlu melakukan optimasi agar aplikasi Anda ditemukan oleh orang yang tepat dan sedang mencari aplikasi sejenis.
Optimasi play store tidak jauh berbeda dengan optimasi mesin pencari di halaman website. Walaupun kita tidak mengetahui secara pasti semua faktor yang menentukan posisi aplikasi di hasil pencarian, ada beberapa faktor yang bisa Anda fokuskan.
- Gunakan judul aplikasi yang deskriptif.
- Gunakan gambar ikon aplikasi yang menarik.
- Tulis deskripsi aplikasi Anda dengan akurat dan sisipkan kata kunci target dengan kepadatan yang cukup.
- Link website menuju aplikasi Anda di playstore juga akan mempengaruhi hasil pencarian.
6. Youtube SEO
Hampir sama dengan optimasi playstore, youtube SEO juga adalah jenis SEO yang khusus dan dapat meningkatkan pengunjung video Anda dalam jumlah besar. Youtube juga memiliki algoritma pencarian yang menampilkan hasil dari database youtube itu sendiri.
Pencarian di youtube memiliki jumlah terbanyak kedua setelah google, bahkan hasil pencarian youtube juga ditampilkan oleh google di bagian atas. Oleh karena itu youtube SEO sangat penting dilakukan.
Sama seperti On-page SEO, konten video youtube harus dibuat bagus dan dapat memecahkan masalah pengguna. Buat video yang lebih berguna dibanding video-video lainnya. Jika konten video Anda sudah bagus dan bermanfaat, maka lakukan beberapa hal berikut ini.
- Ajak penonton video Anda berinteraksi melalui kolom komentar untuk memberikan sinyal kepada algoritma pencarian youtube bahwa video Anda mendapat respon yang baik oleh banyak orang.
- Berikan judul video yang menarik dan tempatkan kata kunci target pada judul tersebut.
- Tulis deskripsi video dengan lengkap dan detail. Sisipkan target kata kunci dengan kepadatan yang cukup.
- Tambahkan 3 tag yang relevan.
- Tambahkan subtitle pada video.
Ketika konten video Anda menarik dan banyak orang yang menyematkan di website mereka, maka peringkat video Anda akan meningkat di hasil pencarian youtube.
Anda dapat melakukan optimasi mesin pencari menggunakan beberapa teknik sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Misalnya Anda memiliki bisnis yang menjual produk secara online dan ofline (toko). Maka Anda dapat menggunakan melakukan optimasi mesin pencari menggunakan teknik On-page SEO, Off-page SEO dan Local SEO.
Selain meningkatkan penjualan secara online, pelanggan disekitar Anda juga akan lebih mudah menemukan toko Anda.
Jika Anda membutuhkan jasa SEO untuk bisnis Anda, silahkan hubungi SWS Digital Agency. Tim analyst SEO kami akan membantu melakukan optimasi mesin pencari dan meningkatkan posisi website Anda di hasil pencarian google.
Hubungi kami melalui halaman kontak..
Jangan lupa mengunjungi halaman facebook dan instagram kami untuk mendapatkan informasi dan promo terbaru.
Creative Digital Agency
Layanan & Jasa
Kami memberikan layanan terbaik untuk setiap client kami, dengan harapan bisnis mereka dapat berkembang dan meningkatkan omset penjualan melalui digital marketing.
Tidak semua bisnis dapat di kembangkan dengan metode yang sama, ada perbedaan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan tim kreatif yang dapat menemukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.
2 Comments
Comments are closed.
[…] Kami telah membahas SEO dengan lengkap, silahkan baca artikel Apa Itu SEO dan Jenis-Jenis SEO. […]
[…] Kami telah membahas SEO dengan lengkap, silahkan baca artikel Apa Itu SEO dan Jenis-Jenis SEO. […]