fbpx

Branding Agency

 

Branding agency menyatukan sekelompok pemikir kreatif, berpengalaman, dan strategis untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif untuk berbagai jenis bisnis.

Branding agency dapat membantu Anda mengembangkan brand yang kuat dan meningkatkan penjualan dengan cara merencanakan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Artikel ini akan membahas dengan lengkap apa itu branding agency, manfaatnya untuk bisnis Anda dan cara menemukan branding agency yang tepat untuk bisnis Anda.

Mari kita bahas terlebih dahulu poin-poin berikut ini:

Apa Itu Branding Agency?

Branding agency adalah perusahaan yang mengkhususkan diri untuk membantu klien membangun dan mengelola brand serta menyesuaikannya dengan strategi marketing yang akan digunakan.

Selain membantu klien membangun brand baru, branding agency juga membantu klien memodifikasi brand yang sudah ada sehingga mereka dapat beresonansi lebih baik dengan target audiens.

Branding agency berbeda dengan marketing agency karena mereka lebih fokus pada psikologi pengembangan brand daripada aspek bisnis pemasaran.

Biasanya memiliki tim ahli yang akan bekerja untuk merancang dan membangun brand klien berdasarkan kebutuhan spesifik perusahaan.

Branding agency juga bertanggung jawab atas produksi, desain, dan pengelolaan semua jenis kampanye perusahaan termasuk periklanan, hubungan masyarakat, pengembangan situs web, dll.

Pekerjaan Branding agency sering dibagi menjadi tiga kategori utama:

  • Perencanaan strategis.
  • Merancang identitas brand.
  • Menerapkan strategi pembangunan brand melalui kampanye iklan atau metode lainnya.

Apa Yang Dilakukan Oleh Branding Agency?

Brand agency adalah perusahaan yang menggunakan bakat kreatif dan pemasaran untuk membangun brand perusahaan di berbagai industri.

Mengerjakan gagasan untuk menciptakan identitas brand untuk setiap klien dan bertanggung jawab untuk mengembangkannya.

Berikut ini beberapa hal umum yang biasa dilakukan oleh branding agency:

1. Riset dan Analisis.

Riset dan analitik adalah dua hal terpisah yang sering digabungkan menjadi satu, padahal kedua hal ini adalah hal yang berbeda, walau saling berkaitan.

Riset adalah proses mengumpulkan informasi dan menganalisisnya untuk memahami suatu masalah, sedangkan analitik adalah proses menggunakan data untuk membuat prediksi dan mengambil tindakan.

2. Brand Identity dan Brand Guidelines.

Brand identity adalah representasi sebuah brand dalam hal penampilan visual, tone, dan atribut sensorik lainnya.

Biasanya terdiri dari logo, palet warna, font, dan tone suara.

Saat merancang brand identity, penting bagi klien untuk memahami tujuan dan sasaran perusahaan dan bagaimana mereka ingin dilihat oleh pelanggan mereka.

Brand guidelines direkomendasikan untuk organisasi yang ingin memastikan konsistensi di antara semua materi promosi yang diproduksi oleh anggota tim mereka.

Brand identity guidelines dapat membantu membangun dan memelihara rasa percaya antara perusahaan dan pelanggan serta calon pelangan.

3. Naming.

Penamaan adalah salah satu bagian terpenting dari brand identity sebuah perusahaan.

Jika sebuah perusahaan atau produk tidak memiliki nama yang kuat, maka akan sulit untuk menarik perhatian orang dan menemukan konsumen baru.

Penamaan dalam branding dan tujuannya mengacu pada proses pemilihan nama untuk produk.

Beberapa perusahaan menggunakan nama yang didasarkan pada brand dan nilai perusahaan mereka, yang lain menggunakan nama yang lebih menggambarkan produk mereka.

Baca juga : Cara Meningkatkan Konversi Landing Page

Bahkan ada juga perusahaan yang menggunakan penamaan dalam branding dengan tujuan sebagai cara untuk membatasi kebingungan di antara konsumen dengan memiliki nama deskriptif untuk produk mereka.

Mereka ingin orang tahu apa yang mereka beli dan apa fungsinya tanpa harus membaca label atau kemasannya.

Beberapa perusahaan juga menginginkan nama mereka menjadi bagian dari brand identity yang dapat dicapai dengan memilih label yang mencerminkan budaya, nilai, atau pernyataan misi perusahaan.

4. Re-Branding.

Re-branding adalah proses mengubah brand yang sudah mapan dan memberi energi kembali pada citra dan reputasinya.

Re-branding dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti perubahan kepemimpinan perusahaan, pergeseran permintaan pasar atau perubahan besar dalam produk atau layanan perusahaan.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk membangun citra segar dan fokus pada kekuatannya.

Dengan re-branding, perusahaan dapat menyegarkan brand mereka, memperkenalkan produk atau layanan baru dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Rebranding biasanya berbicara tentang mengubah bisnis Anda menjadi sesuatu yang selaras dengan nilai-nilai konsumen saat ini.

5. Positioning.

Positioning adalah seni dan ilmu untuk membantu konsumen memahami brand Anda.

Lebih dari sekadar tagline atau slogan, positioning merupakan keseluruhan strategi komunikasi dalam sebuah perusahaan.

Positioning memiliki tempat dalam setiap aspek branding termasuk pemasaran, penjualan, hubungan masyarakat, periklanan dan desain.

Ketika Anda memiliki strategi penentuan posisi yang jelas, Anda tahu bagaimana berkomunikasi dengan audiens Anda – apa yang harus dikatakan dan bagaimana mengatakannya.

Positioning dalam branding bisa sesederhana menceritakan kisah tentang siapa Anda sebagai sebuah perusahaan.

Misalnya, jika Anda adalah perusahaan makanan organik, Anda dapat menggunakan positioning seperti “Perusahaan kami peduli lingkungan” atau “Perusahaan kami ikut serta mengatasi masalah global warming”.

Tujuannya tidak harus menyampaikan informasi kepada seseorang tetapi untuk membuat mereka merasakan sesuatu tentang hal itu.

6. Designing logo, Product packaging, dll

Desain merupakan faktor penting dalam cara perusahaan berkomunikasi dengan klien, juga dapat mempengaruhi cara seseorang merasakan seperti apa brand tersebut.

Seorang desainer dapat menciptakan sesuatu yang indah untuk membuat seseorang merasa tertarik pada produk atau layanan Anda.

Sehingga dia bertanggung jawab atas tampilan dan nuansa brand, produk, dan misi perusahaan secara keseluruhan.

Penting untuk mendesain produk atau brand Anda dengan baik, karena dapat mempengaruhi perasaan calon pelanggan.

Jika sebuah perusahaan atau produk didesain dengan buruk, mereka berisiko kehilangan pelanggan potensial.

7. Strategi Marketing.

Strategi pemasaran yang tepat sangat penting bagi setiap perusahaan.

Perusahaan harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai kesuksesan dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Ini berdampak pada berapa banyak pelanggan yang kita miliki dan apa yang dapat kita tawarkan kepada mereka.

Konsumen akan membeli produk dari perusahaan yang memiliki strategi pemasaran yang berkembang dengan baik dan mampu menarik pelanggan yang tepat untuk produk mereka.

8. Communications.

Komunikasi adalah salah satu faktor terpenting yang membantu mempromosikan brand.

Strategi komunikasi merupakan aspek kunci dalam keberhasilan sebuah perusahaan.

Baca artikel menarik : Social Media Marketing – Pengertian, Manfaat dan Strategi di Media Sosial

Ini dapat digunakan untuk menjangkau berbagai jenis orang, berkomunikasi dengan mereka secara positif, dan menciptakan brand awareness yang hebat.

Ada berbagai strategi yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

9. Internal Branding.

Branding internal perusahaan Anda adalah salah satu elemen terpenting yang harus diingat saat Anda mengerjakan strategi pemasaran internal.

Citra, misi, dan nilai brand harus disampaikan melalui saluran komunikasi Anda.

Hal Ini membuat dampak besar pada bagaimana pelanggan Anda memandang perusahaan Anda dan pada akhirnya akan mempengaruhi pilihan mereka.

Brand identity yang kuat akan membantu perusahaan untuk menyediakan produk dan layanan yang lebih baik dan akan berdampak positif pada persepsi konsumen terhadap brand tersebut.

Bagaimana Branding Agency Membantu Perusahaan Anda?

Branding agency lebih dari sekadar perusahaan yang menghasilkan materi pemasaran untuk perusahaan.

Namun juga membantu perusahaan Anda dengan memberikan saran tentang strategi mengembangkan brand dan membangun budaya perusahaan Anda.

Branding agensi juga akan membantu Anda menganalisis target pasar, membuat strategi pemasaran, dan mengembangkan identitas perusahaan.

Cara Memilih Branding Agency Untuk Bisnis Anda

Brand agency adalah perusahaan yang telah lama berkecimpung dalam bisnis ini, dan telah membangun brand selama periode waktu tersebut.

Saat Anda menyewa branding agency untuk bisnis Anda, pastikan Anda mendatangi branding agency yang memiliki pengalaman yang sesuai dengan perusahaan Anda.

Faktor-faktor berikut ini akan membantu Anda untuk menemukan branding agensi yang tepat:

1. Brandung Agency Harus Mampu Memperjelas Identitas Bisnis Anda.

Langkah pertama dalam mendefinisikan brand identity Anda adalah memastikan bahwa setiap kata mencerminkan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.

Ini termasuk nama bisnis Anda, representasi visual yang terkait dengannya (logo), dan kata-kata dalam materi komunikasi.

Baca artikel lainnya : Cara Membuat Landing Page Dengan 10 Langkah Mudah

Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengatur tone untuk perusahaan Anda dan mendapatkan tone yang unik.

Branding agency yang baik mampu menjelaskan identitas perusahaan Anda secara detail dan dituliskan dalam brand identity.

Sehingga calon pelanggan akan merasakan perasaan yang sama saat melihat brand perusahaan Anda.

2. Mempelajari Visi, Misi dan Value Bisnis Anda.

Misi, visi, dan value bisnis adalah tulang punggung identitas perusahaan Anda.

Mereka mendefinisikan mengapa perusahaan Anda ada dan bagaimana perusahaan Anda bekerja.

Bisnis sering gagal menyadari apa yang sebenarnya mereka perjuangkan.

Sebuah visi adalah hal yang kuat, tetapi perlu dipupuk dan didukung oleh perusahaan.

Dengan memahami misi, visi, dan value perusahaan, maka Anda dapat menciptakan bisnis yang tidak hanya berkelanjutan tetapi juga berkembang.

Misi perusahaan mendefinisikan alasan keberadaannya.

Ini memberitahu apa yang perusahaan ingin capai dan bagaimana ia bermaksud untuk mencapai tujuan ini.

Pernyataan visi adalah alat penting yang membantu memandu perusahaan melalui keputusan sulit di saat perubahan atau ketegangan antara pemangku kepentingan dengan kepentingan yang berbeda.

Maka hal ini memberikan panduan bila diperlukan selama tahap krisis atau pertumbuhan siklus hidup sebuah bisnis.

3. Memahami Tujuan Bisnis Anda.

Ketika sebuah bisnis baru dimulai oleh seorang pengusaha, terutama pada tahap awal pengembangan, tidak selalu jelas jenis bisnis apa yang mereka inginkan.

Mereka bahkan mungkin tidak tahu apa yang mereka cari atau bagaimana mendefinisikan perusahaan mereka dengan tepat.

Mengetahui apa tujuan pembangunan sebuah bisnis dapat membantu Anda menentukan jenis konten yang akan diproduksi.

Tujuan Anda harus spesifik dan terukur sehingga Anda dapat melacak kemajuannya di akhir bulan dan tahun.

Merumuskan tujuan pembangunan bisnis Anda adalah ide yang bagus karena dapat membantu Anda tetap fokus pada apa yang paling penting saat memasarkan perusahaan Anda.

Langkah pertama untuk mencapai tujuan Anda adalah menentukan apa sebenarnya tujuan Anda.

Pastikan bahwa mereka spesifik dan terukur sehingga Anda tahu apakah telah tercapai, tetapi juga perlu diingat bahwa itu adalah sebuah proses yang konstan.

4. Mengenal Target Audiens Anda, Kebutuhan Serta Minat Mereka.

Memahami audiens Anda adalah kunci untuk membuat konten yang sukses.

Penting untuk mengetahui apa yang mereka pedulikan, apa yang mereka inginkan, dan dari mana mereka berasal sehingga Anda dapat membuat konten yang relevan dengan kebutuhan dan minat mereka.

Ketika seseorang pengusaha mengenal target audiens mereka, penting untuk mencari tahu apa yang sedang mereka cari.

Ini termasuk mencari tahu apa yang mereka butuhkan dan inginkan agar mereka terlibat dengan pesan marketing yang disampaikan.

Semakin baik Anda memahami audiens, semakin mudah bagi Anda dan tim untuk membuat pesan menarik yang akan beresonansi dengan mereka.

5. Memahami Pasar dan Kompetitor Anda.

Mengetahui pasar bukanlah tugas yang mudah.

Dibutuhkan pemahaman mendalam tentang perilaku konsumen, demografi, dan bagaimana kompetitor Anda memposisikan diri.

Anda perlu memahami apa yang diinginkan konsumen dan apa yang tidak mereka sukai.

Baca artikel menarik : Cara Membuat Artikel Siap Dalam 30 Menit – Pakai AI

Setiap pasar hadir dengan serangkaian tantangan dan peluangnya sendiri, mengidentifikasi mereka adalah langkah kunci untuk menjadi sukses di semua industri.

Untuk memahami pasar secara akurat, penting bagi Anda untuk mempelajari demografi pasar, termasuk demografi lokasi dan usia.

Hal ini juga akan membantu Anda memahami tren saat ini secara keseluruhan dan bagaimana mereka dapat berubah di masa depan.

Jenis-Jenis Jasa Branding Agency

Ada berbagai jenis layanan yang disediakan oleh branding agency, tentu tidak semua branding agency mampu melakukan apa yang Anda butuhkan.

Oleh karena itu, penting untuk memutuskan jenis layanan yang Anda butuhkan sebelum memilih branding agency yang sesuai.

Berikut ini beberapa jasa branding yang biasanya disediakan oleh branding agency:

1. Layanan Brand Identity.

Brand identity adalah alat pemasaran yang kuat yang dapat digunakan perusahaan untuk membedakan dirinya dari kompetitor dan membangun identitas yang unik di pasar.

Kadang perusahaan mengalami kesulitan mengembangkan brand identity mereka sendiri.

Pengembangan brand identity adalah sesuatu yang membutuhkan waktu dan usaha, tetapi ada beberapa perusahaan, seperti SWS Digital Agency, yang menawarkan layanan brand identity yang terjangkau.

Branding agency ini menawarkan berbagai layanan termasuk desain logo, desain situs web, dan materi pemasaran lainnya.

2. Layanan Brand Messaging.

Sebuah perusahaan harus memiliki pesan yang jelas.

Layanan brand messaging adalah proses yang membantu perusahaan untuk membangun pesan mereka dan mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan.

Terkadang, citra brand perusahaan telah hilang karena salah satu kampanye lama mereka tidak beresonansi dengan audiens.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyewa agen yang berspesialisasi dalam layanan branding.

Layanan brand messaging membantu dalam membuat konten yang relevan dengan audiens Anda, membantu dalam membangun citra brand dan meningkatkan penjualan.

Juga membantu dalam mengikuti persaingan dengan memberi Anda informasi yang dibutuhkan untuk bersaing secara efektif.

3. Layanan Brand Positioning.

Layanan brand positioning membantu perusahaan memahami posisi seperti apa yang ingin mereka ambil di antara pesaing mereka.

Juga membantu mereka memutuskan jenis tone apa yang mereka inginkan untuk menciptakan kampanye pemasaran yang paling efektif.

Layanan penentuan brand positioning juga memberi perusahaan pandangan komprehensif tentang bisnis mereka dan posisinya saat ini.

Proses ini membantu memberikan kejelasan tentang brand perusahaan yang seharusnya dan membantu mendefinisikannya.

4. Layanan Brand Voice.

Saat ini, sangat penting bagi sebuah brand untuk memiliki pesan yang jelas tentang brand tersebut.

Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang mencari peluang baru di pasar atau membangun kembali kehadiran lama.

Namun, banyak brand merasa kesulitan dalam mengembangkan strategi brand yang efektif dan konsisten.

Artikel menarik lainnya : Apa Itu Landing Page – Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Dengan layanan brand voice, perusahaan dapat menjaga brand mereka tetap konsisten di semua materi komunikasi mereka.

Layanan brand voice memungkinkan perusahaan untuk membangun pesan yang konsisten di semua bentuk komunikasi – cetak, digital, dan media sosial.

Layanan ini juga membantu perusahaan untuk mengidentifikasi suara brand mereka yang unik dengan menangkap reaksi orang-orang ketika mereka diminta untuk memberikan umpan balik tentang pesan dan materi perusahaan.

5. Layanan Brand Guidelines.

Brand guidelines adalah daftar lengkap aturan yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan dan memproduksi konten tertulisnya.

Perusahaan menggunakan brand guidelines sebagai cara untuk memastikan bahwa konten mereka konsisten di semua saluran mereka.

Mereka juga dapat menggunakan brand guidelines untuk memastikan bahwa mereka tidak melewatkan informasi penting tentang audiens.

Banyak brand menggunakan brand guidelines untuk memastikan konsistensi di semua saluran mereka untuk meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan.

Layanan brand guidelines dapat memberikan panduan tentang apa yang harus disertakan dan apa yang harus ditinggalkan tentang identitas dan brand perusahaan.

6. Layanan Social Media Branding.

Media sosial adalah bagian penting dari strategi pemasaran perusahaan mana pun.

Dengan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya memudahkan orang untuk berbagi konten dengan teman dan pengikutnya.

Perusahaan merasa lebih sulit untuk mengikuti kecepatan pasar yang berubah ini.

Perusahaan Layanan Branding Media Sosial memiliki tim ahli yang berspesialisasi dalam memaksimalkan jangkauan dan dampak yang dimiliki perusahaan Anda pada platform media sosial.

Mereka melakukannya dengan memberi Anda strategi pemasaran yang efisien untuk setiap platform serta manajer media sosial khusus yang memastikan mereka memaksimalkan jangkauan Anda melalui eksekusi yang efektif.

Keuntungan Menggunakan Branding Agency

Branding agency adalah cara yang efisien untuk memasarkan bisnis Anda dan membantu Anda mengembangkan perusahaan.

Membantu Anda dalam banyak hal, seperti meningkatkan brand awareness, mengubah citra brand Anda, dan banyak lagi.

Dengan mempertimbangkan manfaat branding agency, mudah untuk melihat mengapa sebagian besar bisnis memilih untuk bekerja dengan mereka.

Brand agency bertanggung jawab untuk membangun brand dan menghidupkannya dengan membuat materi pemasaran, situs web, konten media sosial, dan iklan.

Artikel menarik lainnya : Digital Agency – Pengertian, Jenis dan Contoh Digital Agency di Indonesia

Sementara beberapa agensi mungkin berspesialisasi dalam bidang tertentu seperti web atau desain digital, yang lain mungkin hanya menawarkan layanan copywriting.

Perusahaan biasanya mencari agensi yang memiliki proses kreatif yang kuat, keterampilan menulis yang sangat baik, dan yang lebih penting adalah penulis berbakat yang dapat menghasilkan konten untuk brand tepat waktu dan dalam batasan anggaran.

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan branding agency:

  • Desainer Branding agency memiliki pengalaman dan mengerti apa yang diperlukan untuk menciptakan desain yang sukses.
  • Branding agency dapat merencanakan strategi branding dari awal hingga akhir untuk memastikan bahwa perusahaan Anda memiliki tampilan yang konsisten di semua bentuk materi pemasaran.
  • Memiliki hubungan dengan agensi dan brand lain dalam industri akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak eksposur untuk produk Anda.

Branding Agency di Indonesia

SWS Digital Agency merupakan salah satu branding agency terbaik di Indonesia yang memiliki tim lengkap dan berpengalaman melakukan branding perusahaan di Indonesia dan Singapura. Kami memiliki berbagai layanan branding yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Silahkan hubungi tim SWS Digital Agency untuk konsultasi kebutuhan branding perusahaan Anda.

Kunjungi juga halaman facebookinstagram dan linkedin kami untuk belajar digital marketing dan mendapatkan info promo terbaru.

 

Creative Digital Agency

Layanan & Jasa

Kami memberikan layanan terbaik untuk setiap client kami, dengan harapan bisnis mereka dapat berkembang dan meningkatkan omset penjualan melalui digital marketing.

Tidak semua bisnis dapat di kembangkan dengan metode yang sama, ada perbedaan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan tim kreatif yang dapat menemukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan website di batam

Jasa SEO Halaman Pertama

jasa seo di batam

Sosial Media Marketing

jasa sosial media management

Server & Cloud Management

jasa server di batam

Jasa Brand Design

jasa brand design di batam

Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis di batam

Jasa Design Digital Product

jasa design digital product

Foto & Video Production

jasa foto dan video di batam

Percetakan Digital Printing

percetakan digital printing di batam

Percetakan Offset Printing

operator offset printing di batam

Privacy Preference Center