Menganalisa Kata KunciOptimasi mesin pencari atau sering disingkat SEO harus dilakukan dengan perencanaan matang, terlebih menganalisa kata kunci yang akan ditargetkan. Ketika Anda menargetkan keyword yang salah maka Anda tidak akan mendapatkan pelanggan potensial. Mungkin pengunjung website Anda bertambah secara kuantitas, tapi tidak dengan kualitas. Ingat, SEO itu harus meningkatkan kuantitas dan kualitas pengunjung website.

Artinya keyword yang ditargetkan harus benar-benar berkaitan dengan bisnis Anda, sehingga Anda mendapatkan pengunjung website sedang membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Singkatnya, agar mendapatkan potential leads. Gunakan ilmu marketing funnel saat memilih kata kunci, apakah target Anda awareness, consideration atau conversion?

Ketika Anda dapat mengkombinasikan ilmu marketing funnel saat menganalisa kata kunci maka Anda dapat menargetkan dengan lebih spesifik. Misalnya bisnis neon box:

Marketing funnel Awareness :

-Apa itu neon box
-Jenis plang merek
Pada bagian ini Anda hanya akan mendapatkan pengunjung website yang ingin tahu apa itu neon box, bisa saja seorang pelajar. Kemungkinan untuk membeli masih sangat kecil.

Marketing funnel Consideration:

-Kelebihan neon box
-Harga neon box
Pada bagian ini Anda akan mendapatkan pengunjung website yang sedang memilih plang merek yang cocok dan sedang membandingkan neon box dengan plang merek lainnya. Jika kita dapat meyakinkan mereka bahwa neon box lebih unggul, maka peluang untuk membeli akan lebih besar.

Marketing funnel Conversion:

-Jual neon box
-Jual neon box batam
Pada bagian ini Anda akan mendapatkan pengunjung website yang sedang mencari neon box untuk usahanya, peluang untuk membeli sangat tinggi.

Selain itu Anda juga harus mempertimbangkan jumlah pencarian dan kompetisinya, karena setiap keyword berbeda jumlah pencarian dan kompetisinya. Oleh sebab itu kita membutuhkan tools yang dapat memberikan data tersebut. Berikut ini beberapa tools gratis yang dapat Anda gunakan untuk menganalisa kata kunci.

1. Menganalisa Kata Kunci Menggunakan Google Trends

Google trends dapat memberikan gambaran jumlah pencarian kata kunci di negara tertentu atau di seluruh dunia, bahkan bisa memberikan data kepopuleran keyword dari tahun 2004. Di google trend Anda dapat membandingkan beberapa keyword dan melihat mana yang lebih populer dan di daerah mana kata kunci tersebut banyak digunakan.

Anda dapat menggunakan tools ini untuk mendapatkan keyword populer dan berhubungan dengan bisnis Anda. Namun google trends belum menyediakan tingkat kesulitan atau kompetisi keyword, sehingga data untuk menganalisa kata kunci belum lengkap. Karena selain jumlah pencarian kata kunci, kompetisi juga harus diperhatikan untuk mendapatkan posisi di halaman pertama google.

2. Menganalisa Kata Kunci Menggunakan Keyword Generator

Keyword Generator dapat memberikan ide kata kunci hingga 150 yang berhubungan atau turunan dari sebuah keyword.

Misalnya, ketika kita menelusuri “neon box” pada keyword generator, maka kita akan mendapatkan 100 lebih saran kata kunci yang berisi kata neon box dan juga perkiraan jumlah penelusuran bulanannya.

Untuk sepuluh kata kunci pertama, kita juga dapat melihat tingkat Kesulitan Kata Kunci atau sering disebut Keyword Difficulty(KD). Ini adalah angka antara 0–100 yang memperkirakan tingkat kesulitan. Secara umum, semakin tinggi nilainya, semakin banyak backlink yang Anda perlukan untuk mendapatkan peringkat pertama.

Temukan kata kunci yang memiliki jumlah penelusuran tinggi namun memiliki tingkat kesulitan menengah. Karena jika Anda bersaing di kata kunci yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi, maka tidak akan cukup menggunakan konten yang baik saja, tapi dibutuhkan backlink untuk meningkatkan domain authority Anda.

3. Menganalisa Kata Kunci Menggunakan Keyword Sheeter

Keyword Sheeter menampilkan ribuan saran autocomplete dari Google untuk kata kunci Anda. Cara menggunakannya, masukkan satu atau beberapa kata kunci inti dan klik “Sheet Keyword”.

Jika Anda ingin menghasilkan banyak ide kata kunci dengan cepat, ini adalah alat yang sangat cocok. Keyword sheeter dapat menampilkan 1000 ide keyword dalam satu menit dan hasilnya dapat di ekspor ke dalam bentuk csv. Tapi kita tidak dapat menemukan jumlah penelusuran dan tingkat kesulitan kata kunci.

Untuk mendapatkan jumlah penelusuran dan tingkat kesulitan keyword kita harus mendaftar terlebih dahulu. Memang alat ini memiliki fitur lain seperti filter positif dan filter negatif. Artinya kita dapat menyaring keyword sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:Cara Optimasi Website Untuk Meningkatkan Posisi Website Di Mesin Pencari

4. Menganalisa Kata Kunci Menggunakan Keyworddit

Keyworddit adalah alat unik untuk mendapatkan ide kata kunci dari website Reddit. Ketika kita memasukkan subreddit maka akan menampilkan judul diskusi dan komentar hingga 500 keyword.

Alat ini sangat cocok digunakan ketika Anda tahu sedikit atau tidak sama sekali tentang suatu topik. Misalnya, jika Anda ingin menulis artikel tentang gaming tetapi tidak tahu tentang topik tersebut, cari ide dari / r / gaming.

Keyworddit akan menampilkan hal-hal yang berhubungan dengan gaming dan jenis bahasa yang digunakan untuk menggambarkan hal-hal seputar gaming. Selain ide, alat ini menampilkan perkiraan jumlah penelusuran bulanan untuk setiap keyword. Hal ini membantu dan memberi gambaran tentang popularitas setiap subtopik.

Namun untuk menggunakan Keyworddit di indonesia Anda harus menggunakan VPN, seperti kita ketahui reddit tidak bisa diakses sekarang ini.

5. Menganalisa Kata Kunci Menggunakan Google Search Console

Google Search Console membantu melacak kinerja situs web Anda dalam penelusuran organik. Alat ini menunjukkan data kata-kata kunci yang sudah berhasil Anda dapatkan dan posisinya.

Hasil penelusuran menunjukkan keyword yang telah mengirimkan pengunjung paling banyak ke website Anda selama tiga bulan terakhir. Kita juga bisa melihat laporan dalam rentang waktu tertentu seperti seminggu terakhir, sebulan terakhir dan tanggal yang lebih spesifik.

Posisi rata-rata dan CTR Rata-rata menunjukkan posisi peringkat rata-rata setiap keyword dan rasio jumlah klik yang didapatkan. Anda bisa mendapatkan banyak wawasan berguna dari laporan ini.

Misalnya website Anda mendapatkan banyak lalu lintas dari kata kunci tertentu yang peringkatnya berada di posisi 5–10. Anda dapat fokus meningkatkan posisi keyword tersebut di google, sehingga website Anda mendapatkan lebih banyak klik.

Bagaimana cara menemukan kata kunci baru?

Sort laporan berdasarkan CTR dari rendah ke tinggi, maka akan menampilkan keyword yang Anda dapatkan walau tidak pernah ditargetkan. Cari keyword yang memiliki banyak tayangan tapi CTR rendah, targetkan kata kunci tersebut dengan halaman dan konten baru.

6. Menganalisa Kata Kunci Menggunakan Bulk Keyword Generator

Bulk Keyword Generator adalah alat untuk menganalisa kata kunci untuk SEO lokal. Alat ini menghasilkan keyword berdasarkan jenis industri dan lokasi sebuah bisnis.

Menggunakan bulk keyword generator sangat mudah, ikuti langkah pertama dan pilih jenis bisnis Anda dari menu drop-down. Kemudian akan menampilkan daftar keyword relevan dengan layanan atau produk yang Anda tawarkan.

Misalnya, kita memilih kategori “interior design” sebagai jenis bisnis, maka kita akan melihat pilihan lebih spesifik seperti apartment interior designing, home interior, interior design dan lainnya.

Kita akan memilih home interior dan interior design, memilih lokasi bisnis dan menekan tombol. Kata kunci yang cocok akan ditampilkan dan siap digunakan. Namun bulk keyword generator tidak menampilkan jumlah penelusuran dan tingkat kesulitan kata kunci.

Baca juga:Manfaat Manajemen Website Untuk Bisnis Anda

7. Menganalisa Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah alat untuk menganalisa kata kunci yang termasuk dalam layanan Google Ads. Pada dasarnya alat ini memang dibuat untuk keperluan membuat iklan di Google Ads. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan lain, yaitu menganalisa kata kunci untuk SEO.

Data yang ditampilkan sangat lengkap, mulai dari ide keyword berkaitan, jumlah penelusuran, tingkat kesulitan dan lain sebagainya. Banyak orang menggunakan alat ini untuk mendapatkan ide kata kunci, karena data yang diberikan cukup lengkap.

Namun Anda harus mendaftar ke Google Ads terlebih dahulu untuk menggunakan Google Keyword Planner. Dibutuhkan kartu kredit atau debit untuk mulai menggunakannya, memang tidak mengharuskan Anda untuk memasang iklan di google ads. Kita akan membahas tentang google keyword planner di tulisan selanjutnya.

Jika Anda ingin mendapatkan target keyword yang tepat untuk bisnis Anda namun belum terbiasa menggunakan alat-alat diatas, kami siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui halaman kontak. Tim kami akan menganalisa kata kunci terbaik dan sesuai dengan bisnis Anda, sehingga website Anda mendapatkan pengunjung website potensial.

Kunjungi halaman facebook dan instagram kami untuk mendapatkan informasi terbaru.