fbpx

apa itu company profile

Company profile merupakan alat pengantar profesional sebuah perusahaan yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca dan menyampaikan informasi tentang sebuah perusahaan secara ringkas. Didesain dengan baik agar memberikan dampak yang kuat dan kesan yang menarik kepada calon investor atau klien.

Profil perusahaan yang didesain sesuai dengan karakter perusahaan akan memberikan perbedaan dengan perusahaan lain. Berperan sebagai resume yang membantu membangun kredibilitas perusahaan di mata klien dan investor.

Sebenarnya company profile adalah ringkasan dari semua elemen yang relevan dari suatu instansi atau perusahaan. Bisa dalam bentuk pernyataan yang menjelaskan informasi penting tentang bisnis yang memiliki beberapa tujuan.

Biasanya profil perusahaan dibuat untuk calon pelanggan, pemangku kepentingan, pemasok, lembaga keuangan, regulator pemerintah, dan calon investor.

Manfaat Company Profile

Adapun manfaat company profile adalah memuat informasi detail mengenai perusahaan yang berperan sebagai media representasi, tools marketing, pelengkap dalam proposal, serta sebagai media untuk branding dan publikasi.

Baca Juga:Faktor Penting Dalam Desain Editorial

Untuk menjalin kerja sama dengan klien atau vendor lain, biasanya pemilik perusahaan menggunakan company profile untuk memperkenalkan perusahaannya. Sehingga harus dibuat sebaik mungkin agar mencerminkan karakter dan nilai-nilai perusahaan yang original.

Informasi Yang Terdapat Pada Company Profile

Meskipun tidak ada aturan baku yang mengatur isi dari profil perusahaan, tapi biasanya mengandung beberapa hal dibawah ini:

  • Nama Perusahaan.
  • Sejarah Perusahaan
  • Struktur organisasi dan stakeholder
  • Alamat Perusahaan.
  • Informasi kontak perusahaan.
  • Data operasional perusahaan.
  • Strategi bisnis perusahaan secara keseluruhan termasuk visi dan misi.
  • Produk dan layanan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
  • Data keuangan perusahaan termasuk aset utama, laba, dan pendapatan.
  • Pertunjukan sebelumnya, sekarang dan masa depan.
  • Informasi tentang sumber daya manusia.
  • Tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.

Cara membuat company profile

Company profile adalah alat promosi serta penawaran unik yang dapat menjangkau calon pelanggan dan membuat mereka tertarik dengan perusahaan Anda. Berikut ini beberapa langkah-langkah membuat profil perusahaan yang baik.

1. Identifikasi Tujuan Anda Membuat Company Profile.

Company profile dapat digunakan dalam beberapa skenario sehingga Anda harus memfokuskan tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan profil perusahaan tersebut. Buatlah tujuannya dalam draf kasar untuk mengesankan target audien Anda. Hal ini akan memberikan gagasan tentang tujuan Anda dan cara mencapainya.

2. Sesuaikan Gaya Bahasa Dalam Company Profile.

Setelah Anda memiliki tujuan yang jelas, tentukan nada dan gaya bahasa yang ingin diterapkan untuk menjangkau audien Anda. Sesuaikan gaya bahasa dengan target audien, jika taregt audien Anda adalah sebuah bisnis maka sebaiknya menggunakan bahasa yang lebih baku. Namun jika target anda langsung ke customer maka gunakan gaya bahasa yang lebih santai.

Sesuaikan juga gaya dan nada dengan karakter perusahaan, jangan takut untuk bereksperimen karena akan terlihat baru dan inovatif bagi pembaca.

3. Buat Cerita Yang Menarik.

Jangan hanya menyajikan fakta dan angka, tetapi buatlah menjadi sebuah cerita pendek yang menarik dan memikat audiens Anda saat membacanya. Gunakan bahasa yang deskriptif untuk memudahkan audien mengerti tentang perusahaan Anda.

4. Tampilkan Visi dan Misi Pada Company Profile.

Tuliskan visi dan misi yang menarik dan menyoroti inti dari nilai bisnis Anda. Biarkan audiens mengetahui rencana bisnis jangka pendek dan jangka panjang perusahaan Anda. Sehingga mereka dapat melihat dengan jelas tujuan dan prospek perkembangan perusahaan Anda kedepannya.

5. Tampilkan Sejarah Perusahaan.

Tampilkan riwayat perusahaan dan progres yang sudah dicapai dalam bentuk timeline. Soroti daftar pencapaian penting perkembangan perusahaan hingga saat ini. Sehingga pembaca dapat melihat kinerja perusahaan setiap tahunnya.

6. Testimoni Dari Klien.

Jika memungkinkan sisipkan testimoni klien yang bagus pada profil perusahaan Anda, testimoni dari perusahaan ternama akan meningkatkan citra perusahaan Anda di mata klien dan calon investor.

7. Sertakan informasi kontak.

Salah satu tujuan utama dari pembuatan profile perusahaan adalah agar klien atau inversor menghubungi perusahaan Anda. Oleh karena itu dibutuhkan daftar kontak yang lengkap dan mudah dilihat.

Baca Juga :Brand Collateral – Pengertian dan Manfaatnya

Sisipkan alamat email, no telepon, nomor handphone, FAX, whatsapp, email, url website dan kontak lainnya. Penggunaan QR Code juga bisa menjadi salah satu opsi yang menarik, karena orang sudah terbiasa menggunakannya.

8. Cari Referensi Lain.

Tidak ada salahnya melihat referensi lain untuk meningkatkan kualitas, walau dari kompetitor Anda. Semakin banyak melihat referensi maka semakin banyak juga ide yang Anda dapatkan. Kombinasikan ide tersebut kedalam sebuah desain company profile yang menarik dan menjawab pertanyaan audien Anda.

Kesimpulan

Setiap perusahaan sebaiknya memiliki company profile untuk menunjang kegiatan perusahaan. Buatlah profil perusahaan sebaik mungkin, karena klien atau investor akan menilai perusahaan Anda melalui profil perusahaan yang Anda buat. Sesuaikan gaya profil perusahaan Anda dengan karakteristik perusahaan dan target audien Anda.

Jika perusahaan Anda belum memiliki company profile, silahkan menghubungi kami melalui halaman kontak. SWS Digital Agency menyediakan jasa pembuatan company profile dalam bentuk media cetak, softcopy maupun company profile video.

Tim kami akan membuat profile perusahaan yang sesuai dengan karakter perusahaan Anda dan menarik di mata klien dan calon investor.

Kunjungi halaman facebook dan instagram kami untuk mendapatkan tips-tips seputar digital marketing dan promo terbaru.

Creative Digital Agency

Layanan & Jasa

Kami memberikan layanan terbaik untuk setiap client kami, dengan harapan bisnis mereka dapat berkembang dan meningkatkan omset penjualan melalui digital marketing.

Tidak semua bisnis dapat di kembangkan dengan metode yang sama, ada perbedaan antara satu bisnis dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan tim kreatif yang dapat menemukan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

Jasa Pembuatan Website

jasa pembuatan website di batam

Jasa SEO Halaman Pertama

jasa seo di batam

Sosial Media Marketing

jasa sosial media management

Server & Cloud Management

jasa server di batam

Jasa Brand Design

jasa brand design di batam

Jasa Desain Grafis

jasa desain grafis di batam

Jasa Design Digital Product

jasa design digital product

Foto & Video Production

jasa foto dan video di batam

Percetakan Digital Printing

percetakan digital printing di batam

Percetakan Offset Printing

operator offset printing di batam

Privacy Preference Center