Meningkatkan Pengunjung Website

Salah satu teknik untuk membuat website Anda muncul di halaman pertama Google dengan menggunakan long tail keyword (kata kunci panjang), yaitu kata kunci yang dikembangkan dari kata kunci yang Anda targetkan. Misalnya Anda ingin unggul di kata kunci “Jual Tas”, dikarenakan persaingan sudah ketat, kata kunci dapat dikembangkan menjadi “Jual Tas Wanita” atau “jual tas impor” dan lain sebagainya. Dengan penggunaan long tail keyword (kata kunci panjang) dapat menyebabkan persaingan SEO menjadi lebih mudah. Namun dalam menentukannya, Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu agar long tail keyword (kata kunci panjang) yang digunakan lebih berdampak.

Long tail keyword (kata kunci panjang) kualitasnya sangat baik. Para visitor yang mengunjungi website Anda memang membutuhkan informasi tentang sesuatu hal yang lebih spesifik. Oleh karena itu mereka menggunakan keyword yang lebih panjang ketika melakukan pencarian di mesin pencari hingga akhirnya bisa mengunjungi website Anda.

2 Hal yang harus menjadi pertimbangan saat menentukan long tail keyword (kata kunci panjang) adalah:

Relevansi /Keterkaitan

Jika Anda ingin banyak visitor yang mengunjungi website Anda maka sebaiknya perhatikan keterkaitan antara keyword (kata kunci) dengan bisnis Anda. Sebagai contoh jika bisnis Ada bergerak di bidang penjualan tas dan sedang menargetkan keyword “jual tas” maka sebaiknya keyword tersebut diganti dengan long tail keyword (kata kunci panjang) seperti misalnya “Jual Tas Impor”.

Lokasi

Selain relevansi lokasi juga perlu dipertimbangkan. Menambahkan informasi mengenai lokasi pada keyword (kata kunci), misalnya “Jual Tas import Batam”. Penambahan lokasi “Batam” ini memang kadang mempersempit cakupan pengunjung website,  namun sesuaikan dengan usaha Anda. Jika usaha Anda menjual barang yang susah dikirim (misalnya jual bahan bangunan) maka penambahan keyword lokasi sangat dianjurkan. Karena orang-orang akan membeli bahan bangunan di sekitar daerahnya. Untuk menentukan keyword yang tepat dan berdampak positif terhadap visitor website Anda, silahkan gunakan beberapa tools SEO berikut ini:

Google Keyword Planner

Google menyediakan beberapa SEO tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword. Salah satu tool pada Google Adwords yang diberi nama Google Keyword Planner bisa menjadi pilihan untuk menentukan long tail keyword (kata kunci panjang). Ketika Anda memasukkan beberapa keyword atau bahkan memasukan sebuah halaman website maka Google Keyword Planner akan memberikan beberapa keyword yang berkaitan dengan lengkap. Bahkan google juga memberikan data jumlah pencarian dalam kurun tertentu, tingkat persaingan dan estimasi harga jika Anda ingin beriklan di google.

Google Trends

Dengan menggunakan Google Trends maka Anda dapat menemukan ide keyword baru dengan memasukkan beberapa keyword dan mengatur filter berdasarkan lokasi, search history, dan kategori. Google Trends ini juga akan menunjukkan seberapa menarik website milik Anda terhadap suatu keyword yang sedang Anda teliti, penyebab interest yang terjadi, dari mana asal pengunjung website Anda tersebut dan bahkan menunjukkan pula beberapa keyword yang relevan dengan keyword yang Anda cari. Hal yang menarik dari Google Trends tidak hanya kemampuannya yang bisa menunjukkan jumlah atau volume dari suatu static keyword saja, tetapi Google Trends juga menyediakan data dalam bentuk grafik. Google Trends juga dapat dilakukan dengan membandingkan beberapa keyword terhadap artikel terbaru di website Anda.

Keywordtool.io

Keywordtool.io juga bisa Anda gunakan untuk mencari keyword tapi masih belum sempurna. Namun jika Anda sedang mencari long tail keyword (kata kunci panjang) sesuai dengan keyword yang Anda pikirkan sekarang, maka Keywordtool.io adalah tools yang sangat bermanfaat. Tools ini akan menyarankan beberapa keyword yang berkaitan dengan keyword yang Anda masukkan dan membantu meningkatkan pengunjung website.

Google Analytics

Google Analytics mampu memberikan data pengunjung /visitor website Anda secara lengkap yang akan membantu dalam memahami segmen pengunjung website Anda dan Apa saja yang mereka lakukan saat mengunjungi website Anda. Hingga saat ini tidak ada SEO tools gratis lainnya yang mampu menyediakan data selengkap Google Analytics.

Bing Webmaster Tools

Bing Webmaster Tools merupakan tool hasil kerjasama mesin pencari yahoo dan Bing (microsoft). Kadang beberapa orang melewatkan Bing Webmaster Tools (BWT) dalam meningkatkan kualitas SEO website mereka. Padahal Bing Webmaster Tools sangat bagus untuk mengetahui performa website Anda dalam search engine Bing dan Yahoo. Selain itu Bing Webmaster juga memiliki tools yang dapat menunjukkan jumlah click website berdasarkan search query yang bersumber dari Bing, insights into crawling, indexation, on-page keyword optimization dan elemen lainnya yang akan berakibat baik terhadap performa website di Google dan mesin pencarian lainnya.

Google Search Console

Google Search Console dulunya dikenal sebagai Google Webmaster Tools, Fungsinya sebenarnya sama seperti Bing Webmaster Tool milik Bing namun google search console ini berlaku untuk mesin pencari google. Namun jika Jika Anda mencari kata kunci yang tepat menggunakan Google Search Console dan Bing Webmaster Tools sekaligus maka hasil kata kunci yang Anda dapatkan akan semkin baik.

Moz

Moz sangat cocok digunakan untuk melakukan inbound marketing, tampilan yang dimiliki pun sangat user-friendly. Ada beberapa fitur gratis dari Moz yang mungkin sangat bermanfaat bagi Anda seperti Open Site Explorer, Followerwonk, Moz Local, Mozbar dan The SERP Overlay. Moz juga menyediakan extension chrome yang dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Itu lah beberapa teknik untuk meningkatkan pengunjung website yang dapat kami berikan.

Silahkan baca tutorial lainnya pada halaman Blog dan Tutorial kami.